Mengenal Apa Itu Golden Buzzer yang Didapatkan Putri Ariani di AGT

| 10 Jun 2023 07:00
Mengenal Apa Itu Golden Buzzer yang Didapatkan Putri Ariani di AGT
Golden buzzer di AGT 2023 (YouTube)

ERA.id - Putri Ariani, perempuan asal Riau, ramai dibicarakan netizen karena mendapatkan golden buzzer dari Simon Cowell dalam acara America’s Got Talent (AGT) musim ke-18. Penampilan bernanyi yang memukai membuat Simon tak ragu untuk menekan tombol tersebut. Namun, apakah Anda tahu apa itu golden buzzer?

Putri Ariani, peraih golden buzzer di AGT 2023 (YouTube)

Mengenal Apa Itu Golden Buzzer

Secara sederhana, golden buzzer merupakan tombol yang membuka jalur cepat bagi kontestan AGT. Golden buzzer yang diberikan oleh juri AGT langsung meloloskan kontestan ke sesi live show atau ‘pertunjukan langsung’.

Perlu diketahui bahwa kontestan AGT mesti menjalani beberapa tahapan saat mengikuti AGT. Tahapan-tahapan tersebut adalah sesi audisi langsung, ronde kedua, dan sesi live show. Sesi live show terdiri atas babak perempat final, semifinal, dan final.

Masing-masing kontestan harus menunjukkan penampilan yang bagus agar bisa terus melaju ke babak selanjutnya. Nah, kontestan yang mendapatkan golden buzzer mendapatkan keistimewaan karena bisa langsung masuk ke sesi live show tanpa mengikuti beberapa sesi sebelumnya. Juri bisa memberikan golden buzzer jika sangat menyukai penampilan dari si kontestan.

Dikutip Era.id dari Distractify, pertama kali golden buzzer muncul di AGT adalah pada musim ke-9 (2014). Akan tetapi, format ini awalnya ada di ajang pencarian bakat Germany's Got Talent.

Dalam sesi audisi, masing-masing juri punya hak untuk menggunakan golden buzzer. Hal tersebut bisa dilakukan oleh salah satu juri tanpa harus mempertimbangkan juri yang lain. Sejak AGT musim ke-11, tombol keistimewaan ini tidak hanya bisa dipencet oleh juri, tetapi juga oleh pembawa acara.

Pada awalnya, fungsi golden buzzer adalah untuk menyelamatkan kontestan dari eliminasi instan. Akan tetapi, sekarang golden buzzer menjadi jalan pintas bagi kontestan terpilih. Para juri dan pembawa acara harus cermat jika ingin menekan tombol ini sebab masing-masing juri (dan pembawa acara) hanya punya satu kesempatan menekan golden buzzer dalam satu musim AGT.

Dengan kata lain, seorang juri atau pembawa acara yang telah memberikan hak pilihnya tidak bisa menekan tombol golden buzzer lagi jika nantinya ada kontestan yang memberikan penampilan memukau hingga akhir musim. 

Rekomendasi