Afgan Angkat Cerita Kegagalan Teman Jadi Lagu, Dinyanyikan Bareng Lyodra: Ini Personal Banget

| 09 Oct 2023 17:38
Afgan Angkat Cerita Kegagalan Teman Jadi Lagu, Dinyanyikan Bareng Lyodra: Ini Personal Banget
Afgan (Dok: Trinity)

ERA.id - Penyanyi bersuara merdu, Afgan, merilis lagu terbaru berjudul "Ada" yang ia tulis tiga tahun lalu. Afgan juga turut menggandeng penyanyi cantik Lyodra untuk berkolaborasi di lagu tersebut.

Kolaborasi ini bermula saat Afgan menjalin komunikasi dengan Lyodra via sosial media. Rupanya, Lyodra yang juga menganggumi Afgan langsung tertarik saat ditawari untuk kolaborasi di lagu "Ada".

"Aku dan Lyodra bersama-sama mencari lagu yang cocok untuk kita berdua, tapi tidak dapat juga. Sampai akhirnya, aku diingatkan soal lagu “Ada” yang aku tulis tiga tahun lalu. Aku memperdengarkannya pada Lyodra dan ia langsung suka. Ternyata, lagu tersebut memiliki timing-nya sendiri dan lebih bagus dibawakan berdua,” kata Afgan dalam keterangan resminya.

Lagu "Ada" merupakan karya yang ditulis oleh Afgan di tahun 2020 ketika ia mendapat kabar bahwa salah satu orang terdekat di hidupnya memutuskan untuk berpisah dengan pasangannya setelah bertahun-tahun menjalani hubungan.

Mendengar kabar itu, Afgan merasa sedih dan memutuskan untuk mengekspresikan perasaannya lewat menulis “Ada” dengan harapan, keduanya mungkin bisa kembali bersama suatu saat nanti.

Saat rekaman, Afgan kerap memperhatikan Lyodra sekaligus mengarahkan vokalnya. Di satu sisi, Afgan memang ingin lagu “Ada” ini dibuat se-sempurna mungkin. Alasannya, karena lagu tersebut sangat berarti untuknya. 

“Lagu ini sangat personal untukku dan aku sayang sekali pada lagu ini. Lyodra sendiri juga mau explore dan sosoknya sangat menyenangkan, membuatku yakin bahwa hanya Lyodra yang cocok membawakan lagu ini bersamaku,” ucap Afgan.

Selain merilis lagu "Ada", Afgan juga turut membuat video klip untuk lagu tersebut. Proses syuting video musik “Ada” berlokasi di Tulamben, Bali, dan digarap oleh Bramsky. Semua hal yang ada di video klipnya, mulai dari konsep hingga tone sudah lebih dulu didiskusikan oleh Afgan dan Lyodra.

Meski Lyodra sempat sakit hingga nyaris pingsan saat pengambilan gambar, proses shooting video klip lagu yang melankolis namun di saat yang sama juga terdengar hopeful itu berlangsung menyenangkan dan lancar.

“Afgan adalah partner yang menyenangkan dan sangat humble. Kami banyak berdiskusi tentang “Ada” dari awal sampai lagunya rilis, mulai dari rekaman hingga video klip. Afgan membebaskan aku untuk explore akan apapun itu dan ia suportif sekali. Proses rekaman pun menyenangkan karena ia menemani dan mengarahkan aku," kata Lyodra.

Lebih lanjut, Afgan dan Lyodra berharap kolaborasinya kali ini bisa diterima dan disukai oleh pecinta musik Tanah Air. Lyodra juga berharap lagu ini bisa mewakili sekaligus doa bagi sepasang kekasih yang sedang menghadapi konflik di dalam hubungan.

"Semoga lagu ini banyak yang suka, bisa menemani hari-hari para pendengar, banyak yang relate, dan menjadi doa bagi kalian yang tengah mengalami konflik dengan pasangan. Ingat, apapun yang kalian hadapi, kalian akan tetap bersama. Semoga langkah kalian dipermudah agar bisa lebih baik bersama. Selamat mendengarkan “Ada” di semua platform digital!” kata Lyodra.

Tags : Afgan lyodra
Rekomendasi