Bikin Lesti Kejora Menangis, Rizky Billar Ungkap Perjuangan Ciptakan Lagu 'Menyerah': Pernah Saya Alami

| 21 Dec 2023 08:12
Bikin Lesti Kejora Menangis, Rizky Billar Ungkap Perjuangan Ciptakan Lagu 'Menyerah': Pernah Saya Alami
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Berkolaborasi dengan Mom Uung, pedangdut Lesti Kejora resmi merilis lagu berjudul "Menyerah". Lagu yang diciptakan oleh Rizky Billar berhasil membuat Lesti Kejora menangis. Sang aktor mengungkap perjuangannya menciptakan lagu tersebut.

Dihadapan awak media, ibu anak satu ini mengaku menangis pasca membaca lirik lagu yang diciptakan oleh sang suami tercinta. Kala itu, Rizky Billar membangunkan Lesti Kejora untuk menyanyikan sekaligus membacakan lirik lagu "Menyerah".

"Jadi sebelum demo disuruh dinyanyiin dan dibacain liriknya sama kakak (Rizky Billar). Pagi jam 9 dia bangunin (aku), 'sayang, lagunya sudah jadi'," ujar Lesti Kejora, saat ditemui di Jl. Warung Jati Barat, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Rabu (20/12/2023).

Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Era.id/Adelia)
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Era.id/Adelia)

Ketika membaca lirik lagu "Menyerah", pedangdut berusia 24 tahun ini langsung menangis. Tak hanya ibu menyusui, Lesti Kejora merasa lagu ini bisa didengar oleh seseorang yang sedang dalam kondisi terpuruk.

"Pas baca liriknya, nggak terasa air mata ngalir. Walaupun targetnya untuk ibu-ibu yang menyusui tapi lagu ini digarap Kak Billar bukan hanya buat ibu-ibu tapi buat semua orang," jelasnya.

Sementara itu, Rizky Billar mengungkap perjuangannya menciptakan lagu "Menyerah". Suami Lesti Kejora ini mengatakan proses membuat lirik lagu tersebut terbilang sebentar. Selain itu, pembuatan lagu "Menyerah" menjadi tantangan buat Rizky Billar.

"Prosesnya lumayan pendek, kenapa saya bilang pendek? Karena ini kolaborasi cukup minim. Ini pertama kali memproduksi sebuah lagu dengan waktu cukup minim. Ini adalah challenging buat saya," bebernya.

"Saya senang banget kalau nggak diajakin Ko Jo (Jonathan) dan Cici, mungkin belum kepikiran untuk bikin lagu inspiratif ini. Lalu, kemudian Kojo menjelaskan campaign dan isi materi lagunya dan saya tampung," lanjutnya.

Pemain sinetron Rajawali ini mengaku kesulitan dalam membuat lirik lagu "Menyerah" dibagian reff. Apalagi, waktu pembuatan lirik lagu dalam jangka waktu sebentar.

"Ada perbedaan pandangan saat itu. Tapi ini sesuatu lumrah ya jadi kita cocok dengarin dan akhirnya rilis. Proses liriknya lumayan agak sedikit kompleks dan kesulitan melanjutkan kalimat kedua," imbuhnya.

"Saya membuat lagu nulis di kalimat reff pertama, melanjutkan berikutnya saya susah banget, sulit banget. Manusia sedikit butuh dorongan, H-1 saya diminta untuk besok harus jadi. Akhirnya saya begadang di H-1, nyari kalimat berikut," tambahnya.

Hingga akhirnya, aktor berusia 28 tahun ini merombak kembali dari awal lirik lagu. Rizky Billar mengaku takjub karena bisa menulis lirik lagu "Menyerah" selama satu jam saja. Selama satu hari itu, Rizky Billar mengaku begadang.

Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Era.id/Adelia)
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Era.id/Adelia)

"Sampai jam 5 subuh, akhirnya saya kepikiran begini oh ya udah gue mau nulis kalimat berikutnya, tapi gue coba mundur ke belakang nulis firstnya. Saya tiba-tiba nulis akhirnya jadinya sejam doang tuh," tuturnya.

Melalui lagu "Menyerah", Rizky Billar mengajak orang-orang supaya bangkit dari keterpurukan. Menurutnya, seseorang tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan dan tak menyerah saat berada dititik terendah. 

"Saya jujur mengambilnya sedikit apa yang saya alami, bukan cuma saya yang pernah alami, pasti semua pernah merasa terpuruk dan dari lewat lirik saya bikin," ucapnya.

"Dan melodi ini mengajak Anda jangan jatuh berlarut, jangan menyerah, dan percaya keikhlasan kesabaran akan selalu membuahkan hasil. Saya harap lagu ini bisa memberikan energi positif bahwa mereka mampu bangkit dan berdiri lagi," lanjutnya.

Tak hanya untuk ibu-ibu menyusui, Rizky Billar yakin lagu ini bisa menginspirasi banyak orang supaya tetap berjuang dan semangat menjalani kehidupan.

"Bukan cuma ibu-ibu, tapi secara karya saya mengganggap menulis untuk masyarakat umum. Saya percaya banyak orang-orang disana merasa terpuruk dan lagu ini bisa jadi pemantik, energi booster untuk kalian agar selalu percaya bahwa kalian butuh." tambahnya.

Rekomendasi