Mengenal People's Choice Award, Ajang Penghargaan Amerika Serikat untuk Pegiat Seni dan Budaya

| 12 Jan 2024 22:39
Mengenal People's Choice Award, Ajang Penghargaan Amerika Serikat untuk Pegiat Seni dan Budaya
Shania Twain dalam acara People’s Choice Award 2022. (Dok: People)

ERA.id - Penghargaan dan apresiasi bagi penggiat seni kini banyak diadakan oleh berbagai acara rumah produksi dan televisi, baik tingkat lokal, regional maupun internasional. Salah satu yang akan diselenggarakan adalah People's Choice Award 2024. Mari mengenal People's Choice Award terlebih dulu sebelum membahas lebih lanjut.

Mengenal People’s Choice Awards

People's Choice Awards adalah sebuah ajang penghargaan Amerika Serikat yang mengapresiasi para penggiat dalam bidang seni pertunjukan dan budaya populer. Ajang ini telah diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1975 dan dipilih oleh masyarakat umum. People's Choice Awards mengudara di saluran CBS dan diproduksi oleh Procter & Gamble dan Mark Burnett.

Berdasarkan Wikipedia, Bob Stivers sebagai pencipta penghargaan ini memproduksi ajang pertama pada tahun 1975. Penghargaan pertama memilih The Sting sebagai Film Terfavorit tahun 1974, Barbra Streisand sebagai Aktris Film Favorit tahun 1974, dan John Wayne sebagai Aktor Film Favorit.

Akhir-akhir ini, industri musik dunia sudah mulai diisi dengan eksistensi K-Pop dengan berbagai penghargaan dunia yang sudah didapatkan. K-Pop sudah mendapat pengakuan dunia sejak 2023 lalu. Hal ini merupakan kesuksesan bagi industri K-Pop.

Tahun 2024 ini, K-Pop semakin menunjukkan prestasinya karena Jungkook BTS menjadi salah satu nominasi dalam People's Choice Award 2024. Selain Jungkook BTS, dua lainnya yang menjadi nominasi dalam kategori berbeda adalah Stray Kids dan TXT.

Secara khusus, Jungkook BTS dinominasikan untuk empat kategori yang berbeda di People's Choice Awards, yaitu Artis Pria Terbaik Tahun Ini, Artis Pop Terbaik Tahun Ini, Artis Baru Terbaik Tahun Ini, dan Lagu Kolaborasi Terbaik Tahun Ini.

Sedangkan untuk TXT dan Stray Kids bersaing satu sama lain untuk memenangkan nominasi sebagai Grup atau Duo Terbaik Tahun Ini.

BTS dalam People’s Choice Award 2022 (Twitter @bts_bighit)

K-Pop Sudah Diterima di Amerika Serikat

Adanya tiga K-Pop Idol yang menjadi nominasi People's Choice Award menunjukkan bahwa industri musik K-Pop sudah diterima di Amerika Serikat sebagai pusat sasaran industri musik dunia. Musik internasional pun menjadi lebih berwarna.

Para penerima penghargaan ini ditentukan melalui pemungutan suara secara online sehingga masyarakat umum dan penggemar setia masing-masing dapat memberikan suara mereka dan memberikan dampak langsung terhadap hasilnya.

Adanya penghargaan People's Choice Award ini juga dapat memacu para penggiat seni terutama di industri musik untuk menghasilkan karya yang lebih baik dan musik yang berpengaruh di dunia.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi