7 Cara Agar Suara Bagus, Menyanyi Tidak Lagi Fals

| 03 Jul 2024 22:32
7 Cara Agar Suara Bagus, Menyanyi Tidak Lagi Fals
Cara agar suara bagus (cara agar suara bagus)

ERA.id - Memiliki suara yang bagus menjadi anugerah tersendiri. Namun persoalannya tidak semua orang memiliki suara indah dan merdu ketika menyanyi. Lantas, bagaimana cara agar suara bagus?

Namun, tahukah Anda bahwa kualitas suara tidak hanya ditentukan oleh bakat alami? Dengan usaha dan latihan yang tepat, siapapun bisa memiliki suara yang lebih merdu dan memukau.

Bagaimana Cara Agar Suara Bagus?

Dilansir dari Music Homeschool, mari kupas tuntas rahasia dan tips untuk meningkatkan kualitas vokal Anda. Berikut latihan yang dapat Anda lakukan:

  1. Mendengung

Mendengung dapat membantu Anda rileks dan menghangatkan suara Anda, dan menjadi pemanasan untuk membantu mempersiapkan suara Anda.

Mendengung dapat meredakan ketegangan suara, alami dan sederhana, serta mengurangi stres pada nada. Cara ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Perlu diketahui, musuh terbesar seorang penyanyi adalah ketegangan. Jadi sebelum Anda bernyanyi lakukan yoga atau peregangan. Namun jangan menahan napas dan mencoba melampaui zona nyaman Anda.

  1. Kenali kelemahan Anda.

Merekam diri sendiri saat menyanyikan lagu adalah cara yang bagus untuk belajar bagaimana Anda bernyanyi. Untuk mendapatkan rekaman yang bagus cukup tekan tombol rekam pada ponsel cerdas atau komputer Anda.

Kemudian, buat daftar semua kesalahan Anda. Mengetahui kelemahan Anda dapat membantu Anda menemukan masalah yang perlu diperbaiki.

  1. Latihan

Latihan vokal harian akan memperkuat pita suara, meningkatkan jangkauan vokal, dan memperbaiki nada suara. Anda juga harus bernyanyi sekitar tiga puluh menit setiap hari, dengan pemanasan terlebih dahulu.  Jika Anda masih belum bisa, maka carilah pelatih olah vokal.

Latihan vokal harian akan memperkuat pita suara (freepik)
  1. Pola Makan

Pola makan yang baik dapat membantu kesehatan Anda, termasuk suara bernyanyi. Pilihlah pola makan sehat yang seimbang, dengan banyak buah, sayuran, biji-bijian utuh, dan daging tanpa lemak.

Makanan sehat akan memberi Anda kekuatan dan stamina yang diperlukan oleh penyanyi. Selain itu, Anda harus menghindari produk susu karena dapat mengentalkan lendir dan menyebabkan penyumbatan yang dapat merusak suara Anda.

Selain itu, sebelum bernyanyi makanlah sesuatu yang ringan. Alasannya, Anda membutuhkan energi tetapi perut yang penuh memberi tekanan pada diafragma. Hal ini akan membuat Anda sulit untuk mengambil napas dalam

  1. Memahami Postur Anda

Memiliki jangkauan vokal yang luas dan mengetahui cara mengembangkan suara dapat dimulai dengan postur yang baik. Bahu yang terkulai, sikap membungkuk, dan bahkan kepala yang miring dapat mempengaruhi nada, nada suara, dan kekuatan nada.

Postur yang baik dapat membantu udara bergerak dengan lancar, menjaga leher Anda tetap terbuka, dan memungkinkan menahan nada tinggi untuk waktu yang lama. Postur yang baik juga dapat membantu Anda memproyeksikan suara dengan lebih efektif.

  1. Minum banyak air

Air dengan perasan lemon dan teh adalah cairan terbaik untuk suara Anda. Tapi hati-hati jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein karena membuat Anda dehidrasi.

Maka minumlah banyak air sepanjang hari dan siapkan botol air di dekat Anda selama latihan, karena pita suara Anda bekerja baik saat mereka terhidrasi sepenuhnya.

  1. Melembabkan rumah Anda

Tidak ada cara untuk menghidrasi pita suara yang kering secara langsung. Ketika kering, maka akan cepat menjadi iritasi. Dengan demikian, semakin banyak air yang Anda minum semakin jelas suara Anda.

Melembabkan rumah Anda, terutama jika Anda sedang mengerjakan produksi atau menampilkan serangkaian konser. Menggunakan pelembab udara dapat membantu kesehatan pernapasan Anda serta mencegah pita suara yang kering.

Selain cara agar suara bagus, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips menyanyi
Rekomendasi