Ashley Choi Eks Ladies'Code Beberkan Tak Digaji Selama 7 Tahun

Tim Editor

Ashley Choi (Foto: Instagram/@ashleybchoi)

ERA.id - Bukan rahasia lagi kalau artis K-pop menjalani perjuangan berat selama bertahun-tahun dalam meniti karier. Belum lagi, dunia K-Pop menyimpan sejuta problematika, dan cerita kelam dari industri hiburan Korea Selatan.

Hal ini dirasakan oleh mantan personel Ladies'Code, Ashley Choi yang blak-blakan mengungkap perjuangannya sebagai artis pendatang baru lewat siaran podcast Get Real.

Saat jadi bintang tamu di podcast, Ashley membuat pengakuan yang membuat penggemarnya geger. Dirinya mengaku tidak menerima bayaran sepeser pun selama tujuh tahun kala menjadi bagian grup vokal Ladies' Code.

Dikutip dari Koreaboo pada Minggu (26/7), Ashley Choi bersama Ladies' Code bergabung dengan agensi Polaris Entertainment. Tetapi pada Maret 2013 di awal debut, Ladies' Code kehilangan dua membernya lantaran kecelakaan tragis yang merenggut EunB dan Rise.

Semenjak kepergian EunB dan Rise, Ladies' Code berjalan dengan tiga personel yang tersisa, yaitu Ashley, Zuny, dan Sojung. Usai tujuh tahun bersama, ketiganya berpisah dan keluar dari Polaris Entertainment pada Februari 2017.

Wanita berusia 29 tahun itu mengungkapkan selama tujuh tahun, dia tidak pernah menerima pembayaran dari perusahaan. 

Ashley Choi (Foto: Instagram/@ashleybchoi)

"Sebetulnya, susah punya hidup berkecukupan dengan musik. Aku tidak menghasilkan uang sama sekali selama tujuh tahun," tuturnya.

Ashley mengaku memang sewaktu itu, dirinya belum membutuhkan banyak uang karena kebutuhan sudah dicukupi oleh Polaris Entertainment. Meski begitu, ia merasa pengalaman bekerja di bawah manajemen sudah terpenuhi, walau tak mendapat bayaran. 

Memang, sudah banyak orang yang tahu jika para idol K-Pop tidak mendapat bayaran selama bertahun-tahun dari karir mereka. Ini biasanya disebabkan mereka harus mengganti utang trainee, yakni biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pelatihan.

Di mana perusahaan juga menyediakan makanan, tempat tinggal, dan kebutuhan lainnya saat jadi trainee. Tetapi Ladies' Code bukan  satu-satunya grup yang tidak dibayar,  EXID dan AOA baru menerima gaji pertama setelah tiga tahun debut. Sementara GFRIEND dua tahun usai debut.

Ashley Choi (Foto: Instagram/@ashleybchoi)

Namun, kejadian yang dialami Ashley terbilang belum pernah terjadi untuk seorang idol yang tidak menerima bayar sepeser pun selama kontrak tujuh tahun.

Meskipun bekerja sebagai idol tanpa bayaran, tampaknya kini Ashley sudah tenang dan mendapat bayaran pertamanya secara langsung. Melalui channel YouTube miliknya bertajuk Adulting Series pada April 2020, Ashley mengaku senang akhirnya menerima gaji pertamanya sejak memulai karirnya di Korea.

Dalam video itu, Ashley menangis dan menjelaskan saat bergabung di Polaris Entertainment Ladies'Code memang menghasilkan uang. Namun, semua bayaran itu langsung masuk ke rekening perusahaan untuk membayar hutang mereka.

Setelah mendapatkan gaji pertamanya di usia 28, Ashley mengatakan dia berencana memberikan uangnya kepada orang tuanya. Itu adalah sesuatu yang sudah lama ingin dilakukan.

Tag: k-pop korea selatan artis

Bagikan :