Album Folklore Taylor Swift Cetak Rekor Baru dalam Sejarah Billboard

| 04 Aug 2020 13:19
Album Folklore Taylor Swift Cetak Rekor Baru dalam Sejarah Billboard
Taylor Swift (Instagram/@taylorswift)

ERA.id - Taylor Swift kembali memcetak rekor terbaru lewat album Folklore dan single utamanya, “Cardigan”. Capaian ini jadi sejarah baru di tangga lagu Billboard yang dirilis Selasa (4/8/2020). 

Melalui laman resmi Billboard, pihaknya menyampaikan Taylor Swift jadi artis wanita pertama dalam sejarah yang menempati posisi teratas tangga lagu Billboard Hot 100, sekaligus masuk ke tangga album Billboard 200 di minggu yang sama. 

Bahkan di pekan awal penjualan album kedelapannya ini mencapai 846 ribu keping di pasar Amerika Serikat. Data ini tercatat hingga tanggal 30 Juli 2020 menurut laporan Nielsen Music. Padahal album Folklore baru saja dirilis pada 24 Juli 2020. 

Capaian itu pun membuat album Taylor bertengger di puncak nomor satu penjualan album di Amerika Serikat. 

Selain lagu “Cardigan”, dua lagu lainnya yang juga masuk ke album Folklore juga berhasil masuk ke 10 besar tangga lagu Billboard Hot 100, seperti “The 1” yang menempati posisi empat, dan “Exile” ft Bon Iver di posisi keenam. 

Sebelumnya rekor ini pernah dipegang oleh Barbra Steisand yang berhasil menempati posisi pertama Billboard 200 dengan 11 album. Kemudian ada Madonna di posisi kedua dengan sembilan album, dan yang terakhir Janet Jackson. 

Tetapi jika di rekap tanpa gender, The Beatles tetap menjadi musisi nomor satu di Billboard 200 dengan total 19 album terbaiknya. 

Menanggapi rekor dan pencapaian ini, Taylor Swift hanya memposting sebuah meme terkejut di media sosialnya. 

Selamat untuk Taylor Swift! 

Tags : taylor swift
Rekomendasi