Punya Bakat Menyanyi? Ini Tips Jitu Asah Vokalmu Saat di Rumah

Tim Editor

Ilustrasi belajar menyanyi (Dok. Likee)

ERA.id - Berada di rumah selama pandemi bukan berarti kamu dapat menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk mengembangkan potensi kamu agar lebih produktif.

Bernyanyi merupakan contoh aktivitas yang dapat kamu lakukan di rumah selama pandemi. Lalu, sebenarnya apa manfaat yang akan diperoleh dari  bernyanyi? Sejumlah penelitian telah membuktikan bernyanyi dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa bernyanyi mampu mengurangi stres, terutama saat berdiam diri di rumah. Selain mengurangi stres, bernyanyi juga dapat mendatangkan manfaat lain, yaitu berkesempatan untuk menjadi terkenal asalkan punya kualitas.

Yuk, simak beberapa hal yang kamu perlukan untuk menjadi penyanyi yang berkualitas yang dirangkum dari rilis Likee.

1. Terapkan teknik pernapasan serta postur tubuh yang tepat

Sebelum mulai bernyanyi, kamu harus mempelajari cara pernapasan yang benar. Sebagian besar teknik bernyanyi bersandar pada cara kamu mengontrol waktu pernapasan. Kamu dapat mulai membiasakan diri dengan menarik nafas yang dalam menggunakan perutmu, kemudian membuangnya secara perlahan. Ketika bernyanyi nanti, pastikan kamu sempat mengambil nafas sebelum menyanyikan baris yang baru.

Postur tubuh yang benar juga memudahkan kamu untuk bernyanyi dengan lebih mudah. Layaknya olahraga, postur tubuh yang baik dapat memaksimalkan fisik kamu dalam bernyanyi. Pertama-tama, tegakkan punggungmu sehingga dapat memudahkan pernapasanmu. Kamu juga dapat memudahkan pernapasan dan teknik bernyanyi dengan menjaga agar badanmu selalu dalam keadaan yang santai. Usahakan agar tidak tegang ketika hendak bernyanyi. Selain itu, kamu juga harus membuka langit-langit mulut sehingga aliran udara akan lebih banyak.

2. Biasakan untuk pemanasan sebelum bernyanyi

Pemanasan yang baik dapat memudahkan kamu mencapai nada tertentu, serta mengurangi risiko cedera pada tenggorokan. Pastikan pemanasan kamu mencakup nada rendah dan tinggi, sehingga membantu tenggorokanmu untuk lebih rileks. Kamu juga perlu mengingat bahwa pemanasan tidak perlu menghasilkan suara yang bagus. Yang penting, kamu dapat meregangkan sudut mulut sebesar-besarnya ketika pemanasan dan melatih getaran lidah ketika memulai nada tertinggi hingga turun ke nada rendah.

3. Kenali karakter vokalmu

Setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mengenali suara sendiri dapat membantumu dalam memaksimalkan kualitas suara. Pertama-tama, kamu harus mengetahui rentang vokalmu. Jangan paksakan dirimu untuk mencapai nada-nada diluar batasan. 

Selain itu, kamu juga harus melatih pelafalan ketika bernyanyi. Pelafalan yang baik membantu pendengar mengerti apa yang kamu ucapkan ketika bernyanyi. Penghayatan yang baik juga diperlukan dalam bernyanyi, sehingga pesan dari lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar.

Yuk coba latihan di rumah!

Tag: musik

Bagikan: