Bangga, Yovie Widianto Cetak Rekor Dunia Lewat Ratusan Karya Musiknya

| 28 Oct 2020 13:05
Bangga, Yovie Widianto Cetak Rekor Dunia Lewat Ratusan Karya Musiknya
Yovie Widianto (Instagram)

ERA.id - Musisi sekaligus pencipta lagu, Yovie Widianto mengukir namanya di kelas dunia lewat karyanya. Catatan ini dirangkum oleh platform musik digital, Spotify. 

Kabar bahagia ini diterima oleh Yovie Widianto dan tim managementnya. Di mana playlist berjudul “Written by Yovie Widianto” yang berisikan lagu-lagu ciptaannya di platform musik digital Spotify, menjadi playlist pencipta lagu yang paling banyak di-stream, bukan hanya di Indonesia atau Asia tapi di seluruh dunia.

“Apresiasi mendalam dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh insan musisi, penyanyi serta pendengar musik tanah air yang senantiasa memberikan cinta luar biasa dan selalu menjadi inspirasi bagi saya untuk terus berkarya,” kata Yovie Widianto dalam siaran pers yang diterima tim era.id, Selasa (27/10/2020). 

Yovie Widianto (Instagram)

Sebagai pencipta lagu yang sudah berkecimpung di industri musik selama 37 tahun lebih, Yovie telah menciptakan ratusan lagu hit bagi banyak musisi Indonesia. 

Melalui fitur Songwriter, di Spotify sendiri tercatat ada 136 lagu yang merupakan karya darinya. Dari angka itu, lagu-lagunya sudah didengarkan oleh lebih dari 500 juta pendengar di Spotify. 

Capaian dan prestasi yang diukir oleh Yovie ini menambah daftar panjang prestasi ia kumpulkan. Seniman 52 tahun ini juga tercatat menerima penghargaan AMI Awards serta meraih 5 penghargaan bergengsi, mulai dari Karya Produksi Terbaik hingga Produser Rekaman Terbaik. 

Selain berkarya dan menulis lagu untuk banyak musisi tanah air, Yovie juga tercatat menjadi anggota grup Kahitna bersama Hedi Yunus (vokal), Mario Ginanjar (vokal), Carlo Saba (vokal), Dody Isniani (bass), Bambang Purwono (keyboard), Andrie Bayuadjie (gitar), Budiana Nugraha (drum), dan Harry Sudirman (perkusi). 

Namanya juga pernah tercatat dan membentuk grup Yovie & Nuno sejak 2004. Namun, tahun 2019 ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh Ady Julian. 

Yovie menegaskan meski ia tak lagi satu panggung dengan Dikta Cs, dirinya akan tetap terlibat dan berperan sebagai komposer sekaligus orang di balik layar kesuksesan Yovie & Nuno. 

Tags : musik
Rekomendasi