Ketahuan 'Nyolong' Karya Seniman Prancis, Pamungkas Akhirnya Minta Maaf

Tim Editor

Pamungkas (Instagram)

ERA.id - Penyanyi Pamungkas akhirnya minta maaf usai menimbulkan kekacauan. Ia terbukti mencuri karya orang lain untuk album terbarunya. 

Lewat sebuah video berdurasi dua menit, Pamungkas menyampaikan permohonan maaf atas kekacauan yang ditimbulkan. Ia mengaku ada kelalaian dirinya di album terbarunya, Solipsism 2.0. 

“Saya Pamungkas on behalf of Mas Pam Records, saya akan menjelaskan yang sedang beredar di online media di Indonesia dan sosial media di Indonesia. Ini adalah kelalaian saya,” kata Pamungkas mengawali permintaan maafnya. 

Pamungkas lalu menjelaskan ia dan timnya sudah berkomunikasi langsung dengan pemilik karya seni itu, Baptiste Virot. 

Penyanyi 27 tahun itu juga menegaskan ia dan timnya akan membeli hak cipta sekaligus ilustrasi yang dipakai Pamungkas untuk desain album terbarunya. 

“Kami sudah menyelesaikan masalah dengan senimannya, dengan Baptiste. Kami membeli hak cipta dan ilustrasinya,” ungkap Pamungkas. 

Pelantun “One Only” itu juga mengaku Baptiste sangat baik dan terbuka terhadap dirinya dan juga tim. Selain itu seniman asal Prancis itu juga dinilai gampang diajak kerja sama. 

“Saya ingin berterima kasih padanya karena sangat pengertian, sangat terbuka, sangat mudah diajak bekerja sama,” lanjut Pamungkas. 

Lebih lanjut musisi kelahiran 14 April 1993 itu menyampaikan permohonan maaf dan juga ucapan terima kasih karena sudah diingatkan akan kesalahannya itu. 

Pamungkas juga mengaku banyak belajar dari kejadian yang menimpanya. Untuk kedepan katanya, ia akan lebih banyak belajar dan menikmati proses yang ada. 

“Sekali lagi, ini saya mengirimkan permohonan dan terima kasih saya atas apa yang terjadi. Saya sangat bersyukur kejadian ini terjadi, saya jadi belajar lebih lagi dan untuk bisa lebih menikmati prosesnya," tegasnya. 

Musisi tanah air itu sebelumnya menjadi perbincangan yang ramai di media sosial. Ia dituding menjiplak karya orang lain tanpa izin. Di mana ia memakai karya milik Baptiste dengan menyatukan karya-karyanya menjadi kolase di kaca mata Pamungkas. 

Karya seni itu bahkan dipakai oleh Pamungkas di banyak karya, mulai dari perilisan single “Be Okay Again Today”, cover di YouTube, hingga cover di Spotify. 

Sejak masalah itu muncul, Pamungkas langsung menghapus karya jiplakannya itu dari YouTube dan unggahan di media sosialnya. 

Tag: musik Pamungkas

Bagikan: