Meski Sudah Lama Rilis, The Weeknd Mendadak Dituding Lakukan Plagiat dalam Lagunya "Call Out My Name"

| 23 Sep 2021 12:16
Meski Sudah Lama Rilis, The Weeknd Mendadak Dituding Lakukan Plagiat dalam Lagunya
The Weeknd (Foto: IG @theweeknd)

ERA.id - Musisi The Weeknd dituding melakukan plagiat dalam lagunya berjudul "Call Out My Name", yang dirilis pada 2018 lalu. Dilansir dari Pitchfork.com, tudingan itu dilayangkan oleh Suniel Fox dan Henry Strange, yang tergabung dalam musik Epikker.

Suniel dan Henry menuding bahwa lagu The Weeknd "Call Out My Name" menyerupai lagu mereka berjudul "Vibeking" Mereka menuntut mantan kekasih Selena Gomez itu dan label musik Universal Music Group atas dugaan pelanggaran hal cipta ke Pengadilan Federal California, Amerika Serikat.

Dalam keterangan gugatannya, kedua lagu tersebut dinilai memiliki kesamaan dalam signature dan temponya. Kedua lagu itu juga disebutkan memiliki irama hook yang mirip.

"Ini terdengar saat The Weeknd menyanyikan 'So, call out my name' dan variasi lirik lainnya dari hook semacam itu. Irama hook ini juga identik," isi gugatan tersebut.

Sementara itu, lagu "Vibeking" sendiri diciptakan pada tahun 2015 lalu. Meski kini sudah tidak tersaji secara umum, lagu tersebut diklaim pernah dirilis tahun 2017 lalu. Untuk lagu "Call Out My Name" dirilis pada tahun 2018 lalu, dan masuk dalam mini album The Weeknd yang berjudul My Dear Melancholy.

Rekomendasi