Fakta Lata Mangeshkar, Penyanyi Dil To Pagal Hai yang Hits di Bollywood hingga Pernah Duet dengan Roma Irama

| 07 Feb 2022 14:25
Fakta Lata Mangeshkar, Penyanyi Dil To Pagal Hai yang Hits di Bollywood hingga Pernah Duet dengan Roma Irama
Lata Mangeshkar meninggal dunia (instagram/lata_mangeshkar)

ERA.id - Kabar duka datang dari industri Bollywood. Penyanyi legendaris Lata Mangeshkar meninggal dunia dalam usia 92 tahun. 

Mangeshkar dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (6/2/2022) waktu setempat. Kepergiannya meninggalkan duka bagi keluarga hingga negara. India menjadikan dua hari berkabung nasional hingga pemakaman Mangeshkar serta akan mengibarkan bendera setengah tiang di seluruh negeri. 

Jenazahnya pun dikremasi untuk umum yang bisa disaksikan oleh siapa saja. Bahkan para pejabat negara terlihat hadir di pemakamannya. Perdana Menteri Narendra Modi mislanya, dia terlihat meletakkan bunga di tumpukan kayu sebelum jenazah Mangeshkar dikremasi. 

Penyanyi yang dikenal sebagai 'Didi' atau saudara perempuan India itu sempat terpapar Covid-19 dan di rawat di rumah sakit Mumbai pada Januari lalu

Sebagai penyanyi terkenal, Lata memiliki karier dan perjalanan hidup yang menarik. Berikut fakta menarik tentang Lata Mengeshkar.

1. Lagunya hits di berbagai judul film India

Sepanjang kariernya, Mangeshkar dikenal sebagai penyanyi playback Bollywood, yang suaranya muncul di ratusan film India. Lagu-lagunya terkenal dan dimainkan di berbagai acara termasuk pernikahan, pemakaman, dan juga acara nasional.

Lata Mangeshkar tercatat menyanyikan lagu seperti "Humko Humise Chura Lo", "Tujhe Dekha To", "Dil To Pagal Hai", "Ek Pyar Ka Nagma Hai", "Jiya Jale", "Kabhi Khushi Kabhie Gham", dan masih banyak lagi.

2. Bermusik sejak kecil

Melansir dari BBC, Lata Mangeshkar lahir di negara bagian Madhya Pradesh, India pada 28 September 1929. Ia tercatat mulai belajar musik pada usia lima tahun dari ayahnya, Deenanath Mangeshkar, yang juga aktif di dunia teater.

Sayangnya ayahnya meninggal dunia dan membuat dirinya dan juga keluarganya pindah ke Mumbai. Sejak kepindahannya itulah karier Mangeshkar sebagai penyanyi mulai terlihat. Dia mulai menjadi penyanyi untuk film-film Marathi sembari mengambil peran dalam beberapa film.

3. Kesuksesan karier

Puncak kariernya sebagai penyanyi ini datang di tahun 1949. Kala itu dia merilis lagu berjudul "Aayega Aanawala" untuk film Mahal. Sejak saat itu karier Mangeshkar terus menanjak hingga berhasil menyanyikan ribuan lagu yang disinkronkan dengan bibir para aktor Bollywood dari generasi ke generasi.

Pada tahun 1999, dia dinominasikan ke majelis tinggi parlemen India. Namun sayang hal itu dia tolak. Dia akhirnya menerima pengehargaan tertinggi India untuk warga sipil, Bharat Ratna di tahun 2001.

4. Tidak pernah menikah

Sepanjang kehidupannya Mangeshkar tidak pernah menikah. Dia menjalankan kehidupannya dengan bahagia sebagai penyanyi dan juga penggemar kriket.

5. Duet dengan Roma Irama

Dalam perjalan kariernya Lata Mangeshkar pernah berduet dengan Raja Dangdut Indonesia, Roma Irama. Lagu-lagu seperti "Mawar Merah, "Orang Asing", "Datang untuk Pergi", dan "Di Tepi Pantai" pernah ia bawakan.

Presiden Ram Nath Kovind mengatakan berita kepergian Mangeshkar sangat memilukan bagi hatinya dan juga jutaan orang di seluruh dunia.

Rekomendasi