Politisi Demokrat Heran Hingga Kini Polri Belum Tetapkan Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J

| 03 Aug 2022 14:42
Politisi Demokrat Heran Hingga Kini Polri Belum Tetapkan Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J
Pemakaman Brigadir J (Antara)

ERA.id - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Santoso mengkirik kinjera Polri dalam mengusut kasus penambakan terhadap Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

Dia mempertanyakan mengapa penyidik tak kunjung menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Santoso juga mempertanyakan mengapa Bharada E yang kerap disebut sebagai orang yang menembak Brigadir J tak segera ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini justru menimbulkan kecurigaan adanya pelaku lain dalam kasus itu.

"Brigadir J, korbannya sudah meninggal, namun tersangkanya belum ada. Siapa sebenarnya tersangkanya? Kalau Bharada E yang selama ini diasosiasikan sebagai orang yang menembak, lantas kenapa belum ditetapkan sebagai tersangka?" kata Santoso kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

"Apa ada pelaku lainnya? Hal itu menjadi pertanyaan kita semua. Kenapa penyidik terkesan lama dalam menemukan tersangka?" imbuhnya.

Santoso mengatakan terkait dengan proses penyidikan tentu merupakan wewenang pihak kepolisian. Dirinya tidak bisa masuk terlalu jauh dalam teknis penyidikan.

Meski begitu, Santoso mengingatkan, jika penyelesaikan kasus terlalu berlarut-larut, maka akan berdampak pada kepercayaan publik terhadap Polri.

"Jika kasus ini berlarut-larut, maka pasti trust publik terhadap institusi kepolisian akan menurun. Ini ganjaran yang sangat mahal dan tak boleh terjadi," kata Santoso.

Lebih lanjut, dia juga mengingatkan bahwa kasus penembakan Brigadir J tidak hanya menjadi perhatian publik, tetapi juga perhatian Presiden Joko Widodo. Melalui Menko Polhukam Mahfud MD, presiden berpesan agar kasus tersebut diselesaikan secara transparan.

"Saya yakin Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga akan menunjukan ketegasannya dalam menyelesaikan kasus ini dengan terang benderang siapa pelakunya. Karena ini adalah taruhannya kepada institusi Polri secara kelembagaan untuk dipercaya publik dalam menegakan hukum yang memiliki slogan Presisi," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Pengacara Brigadir J Klaim Siap Lindungi Istri Ferdy Sambo, Malah Tuding LPSK 'Ugal-ugalan' Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi