Kalau Airlangga Jadi Capres, Wakilnya Anies atau Ridwan Kamil, Kalian Setuju?

| 08 Aug 2022 12:12
Kalau Airlangga Jadi Capres, Wakilnya Anies atau Ridwan Kamil, Kalian Setuju?
Airlangga Hartarto saat bersama Denny Sumargo.

ERA.id - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Tb. Ace Hasan Syadzily, merespons opini sejumlah pihak yang mengusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atau Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mendampingi Airlangga Hartanto.

"Terkait dengan siapa cawapres yang tepat untuk Pak Airlangga, tentu itu harus dibicarakan lebih lanjut. Namun, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Airlangga untuk menetapkan siapa calon wakil presiden yang paling tepat mendampingi beliau," kata Ace, Senin (8/8/2022).

Peneliti BRIN Wasisto Rahardjo Jati memang sebelumnya menyebutkan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil berpeluang untuk diusung sebagai cawapres di KIB.

"Yang jelas bahwa secara elektoral harus memiliki akar yang kuat sehingga bisa menambah elektabilitas Pak Airlangga Hartarto begitu," katanya.

Ace kembali menegaskan bahwa partainya sudah pasti akan memperjuangkan nama Airlangga Hartanto untuk menjadi capres dengan pengusung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), meski hingga kini KIB masih belum membahas figur-figur sebagai capres dan cawapres.

"Partai Golkar tentu mengusulkan Pak Airlangga sebagai calon Presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu. Hal ini sudah menjadi keputusan Musyawarah Nasional Partai Golkar 2019. Kami harus mengamankan kebijakan tersebut karena itu merupakan bagian dari tugas organisasi," ujarnya.

Sebagaimana diutarakan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kata dia, dalam KIB ada berbagai macam bagian.

"Nah, chapter yang sekarang adalah bagaimana visi dan misi yang akan dibangun oleh KIB. Tentu kalau figur capres/cawapres itu nanti menjelang kesimpulan," kata Ace.

Ace yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menambahkan bahwa saat ini partainya juga tengah fokus melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Khusus di Jawa Barat, lanjut dia, Partai Golkar bersama partai KIB lainnya terus melakukan konsolidasi di level kota/kabupaten untuk mempersiapkan strategi memenangi pileg, Pilpres, dan Pilkada 2024.

"Kami di Jawa Barat terus menyosialisasikan KIB dalam berbagai acara rapat-rapat partai, misalnya dalam rapat kerja daerah yang baru saja saya buka di Kabupaten Sukabumi, kami sudah mendeklarasikan KIB di Kabupaten Sukabumi," kata dia.

Sebelumnya, pihaknya juga mendeklarasikan KIB di Kabupaten Cianjur, Kota Bekasi, dan Majalengka. "Jadi, KIB akan kami sosialisasikan di akar rumput," katanya.

Rekomendasi