Ketemu Ketum Parpol, Puan Akan Safari Politik Setelah 17 Agustus

| 17 Aug 2022 08:05
Ketemu Ketum Parpol, Puan Akan Safari Politik Setelah 17 Agustus
Puan Maharani (Ilham Apriyanto/Era.id)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan akan memulai safari politiknya setelah perayaan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. Dia mengaku akan bertemu dengan sejumlah ketua umum partai politik lain.

"Iya. Kan besok tanggal 17 (Agustus). Habis itu, setelah tanggal 17 Agustus pasti (safari politik)," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Namun Puan tak mau membocorkan kapan pastinya dia akan mulai melakukan safari politik. Dia hanya mengatakan, akan menjalankan tugas yang diberikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Secepatnya, tunggu tanggal mainnya. Yang pasti Insyaallah, saya akan ketemu dengan ketua-ketua umum partai politik dengan penugasan yang ada di Rakernas PDI Perjuangan," kata Puan.

Puan juga tak mengungkapkan partai politik mana yang akan lebih dulu ditemui. Dia bilang, dalam safarinya nanti akan lenih banyak berdiskusi dan mencari solusi untuk menjalankan pemerintahan mendatang.

"Silaturahmi yang akan saya lakukan tentu saja untuk berdiskusi, urun rembug, dan mencari solusi bagaimana ke depan kita itu bisa sama-sama," kata Puan.

Sebelumnya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP Bambang Wuryanto mengungkapkan, Puan akan membentuk tim advance sebelum memulai safari politik.

Menurut Bambang, tim advance ini bukan atas perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, melainkan kebiasaan Puan sebelum safari politik di mulai.

Tim advace itu, kata Bambang, memiliki tugas menjalin komunikasi awal dengan partai-partai. Komunikasi itu antara lain salah satunya untuk mencocokan waktu.

"Bukan (perintah Mega). Biasanya memang ada kebiasaan yang ada tim khusus," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/8).

Menurut Bambang, tim advance itu bisa saja berisi petinggi DPP PDIP, maupun orang-orang kepercayaan Puan.

"Tergantung yang dipercaya mbak (Puan). Tugas keluarnya dari mbak," kata Bambang.

"Misalnya Pacul sebaiknya ditugaskan ke mana nih, tentu misalnya di antara ketum siapa paling akrab dengan Pacul. Oh itu paling akrab dengan pak Airlangga, misalnya. Itu tugas dari tim advance," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan Puan Maharani untuk melakukan safari politik ke partai-partai. Tujuannya untuk menjalin komunikasi menjelang Pemilu 2024.

Rekomendasi