Puan dan PKS Bakal Bertemu Bahas Pemilu 2024, PDIP: Kami Sudah Komunikasi

| 13 Sep 2022 15:42
Puan dan PKS Bakal Bertemu Bahas Pemilu 2024, PDIP: Kami Sudah Komunikasi
Puan Maharani (Dok Antara)

ERA.id - DPP PDI Perjuangan mengaku sudah berkomunikasi dengan Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

Hal ini berkaitan dengan rencana safari politik partai berlambang banteng yang dipimpin oleh Puan Maharani ke sejumlah partai politik.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Sekjen PKS," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Selain dengan PKS, Bambang mengatakan pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

"Kita juga sudah berkomunikasi dengan Cak Imin, kita sudah berkomunikasi dengan Pak Zulhas. Jadi artinya kita sudah berkomunikasi," kata Bambang.

Terkait kapan pertemuan dengan partai-partai politik itu akan dilaksanakan, Bambang belum bisa memastikannya. Dia bilang hal itu tergantung kesepakatan dua belah pihak.

Bambang menambahkan, tak menutup kemungkinan juga apabila waktu dan tempat sudah disepakati lalu batal. Sebab, masing-masing pihak tentunya memiliki kesibukan masing-masing.

"Kapannya, sekali lagi itu dua pihak. Pihak yang akan kita datangi bisa atau enggak, begitu juga kita. Kadang ada hal yang urgent lalu batal pun bisa," kata Bambang.

Ketua Komisi III DPR RI itu lantas mencontohkannya dengan rencana safari politik PDIP ke Partai Golkar. Seharusnya pertemuan itu digelar pada 3 September 2022 lalu, namun mendadak batal karena Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sedang mendampingi Presiden Joko Widodo ke luar kota.

Karena batal, maka pihaknya tengah menjadwalkan ulang pertemuan dengan Partai Golkar. PDIP, kata dia, tak mau terlalu memaksa sebab cukup paham bahwa Airlangga sangat sibuk degan tugasnya sebagai menteri koordinator bidang perekonomian.

"Konfirmasi penundaan sampai kapan belum pasti. Karena tugas yang diemban menko ekonomi berat, situasi kita juga berat ada soal kenaikan BBM. Oleh karena itu, nanti kiya konfirmasi ulang," kata Bambang.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memerintahkan Ketua DPP Puan Maharanii untuk memimpin safari politik ke sejumlah partai.

Safari politik itu dalam rangka membangun komunikasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sejuah ini, Puan baru berkunjung ke dua partai politik, yaitu Partai NasDem dan Partai Gerindra.

Rekomendasi