Nantikan Diusung Partai Buat Jadi Capres 2024, Anies Baswedan: Tugas untuk Kebaikan, Saya Siap

| 19 Sep 2022 00:01
Nantikan Diusung Partai Buat Jadi Capres 2024, Anies Baswedan: Tugas untuk Kebaikan, Saya Siap
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok.Antara)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku siap menjadi calon presiden (capres) 2024. Anies mengaku dirinya menunggu partai politik (parpol) yang ingin mencalonkannya sebagai capres 2024.

"Kalau di tingkat nasional ada yang punya kewenangan (parpol), saya saat ini menuntaskan (jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta) itu. Bila nanti ada panggilan, nanti ditunggu kalau ada panggilan, sekarang belum ada panggilannya, iya kan? Belum ada kan?" kata Anies kepada wartawan, Minggu (18/09/2022).

Anies menjelaskan dirinya adalah orang yang selalu menjalankan tugas ketika diberikan. Saat ini, katanya, dirinya sedang menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dia menambahkan masa jabatannya sebagai gubernur DKI akan selesai satu bulan lagi. Mantan Kemendikbud ini pun mengatakan dirinya siap apabila menerima panggilan tugas sebagai capres 2024 mendatang.

Anies mengibaratkan panggilan tugas sebagai capres 2024 ini dengan penugasan dari Ketua RT untuk menjadi pembina Karang Taruna.

"Dan prinsip saya selama ini sama. Ketika ada panggilan tugas, Pak RT saja manggil saya untuk tugas di kampung saya jadi pembina untuk karang taruna, saya terima tugas itu. Jadi panggilan tugas itu adalah sesuatu yang normal," jelasnya.

"Setiap kali ada panggilan tugas yaitu untuk kebaikan masyarakat, untuk kebaikan semua, maka selalu saya katakan siap. Dan itu di luar kendali saya panggilannya. Pak RT yang mutusin kalau di kampung, oke," sambungnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan siap untuk maju untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Pernyataan untuk maju tersebut disampaikan Anies meski hingga kini belum mendapat dukungan dari partai manapun.

"Saya siap untuk maju sebagai capres jika ada partai yang mengusung," ujar Anies dalam wawancaranya dengan Reuters di Singapura pada Kamis (15/9/2022).

Rekomendasi