Respons Anies saat Dicarikan 'Jodoh' Untuk Pilpres 2024, NasDem: Beliau Lebih Banyak Mendengarkan

| 25 Oct 2022 19:30
Respons Anies saat Dicarikan 'Jodoh' Untuk Pilpres 2024, NasDem: Beliau Lebih Banyak Mendengarkan
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Tim kecil Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS menggelar pertemuan di kediaman Anies Baswedan, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pertemuan itu membahas kriteria dan mencari tokoh calon wakil presiden untuk mendampingi Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, dalam pertemuan tersebut Anies lebih banyak mendengarkan diskusi dan perdebatan antara tiga partai politik saja. Meskipun yang menjadi pembahasan adalah siapa sosok yang akan mendampinginya nanti.

"Pak Anies lebih mendengarkanlah. Partai-partai yang banyak mengexplore," kata Willy saat dihubungi wartawan usai pertemuan, Selasa (25/10/2022).

Terkait dengan kehadiran Anies di tengah-tengah perbincangan mengenai cawapres, Willy menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian keterbukaan masing-masing partai terhadap capres yang mereka usung.

"Itu kan satu hal yang memang harus dibcarakan secara terbuka," katanya.

Meski begitu, wakil ketua badan legislasi (Baleg) DPR RI mengaku, belum ada kesepakatan yang dicapai terkait dengan cawapres. Sebab, masing-masing partai memiliki usulan yanng berbeda.

NasDem misalnya, lebih menginginkan Anies yang menunjuk calon wakil presiden.

Semenatra Demokrat mengusulkan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Sedangkan PKS mengusulkan mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

"Belum (ada kesepakatan), masih ada beberapa hal ya tentang cawapres tadi kita bahas," kata Willy.

Menurutnya, urusan cawapres masih bisa dibicarakan sambil koalisi berjalan. Sementara terkait dengan calon presiden (capres), tiga partai politik itu sudah sepakat mengusung Anies.

"Cawapres sambil berjalan. Yang penting adalah kita bersepakat capresnya kan selesai, Pak Anies, tinggal kemudian kita akan membahas, mendalami timing momentumnya," ucapnya.

Lantaran masih bisa dibicarakan belakangan, Willy memastikan pertemuan tim kecil NasDem-Demokrat dan PKS akan digelar secara reguler.

"Ya intensif kita pertemuan terus, tim kecil jalan terus. Ini menunjukkan intensitas dan kemesraannya terbangun lah." katanya.

Untuk diketaui, pertemuan tim kecil tim kecil itu dihadiri oleh Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya. Kemudian Waketum Benny K Harman dan Iftitah. Lalu, Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman, Ketua DPP Pipin Sofian, dan Juru Bicara PKS Muhammad Kholid. Sementara Anies Baswedan turut ditemani Sudirman Said.

Sementara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hariurti Yudhoyono (AHY) datang belakangan.

Rekomendasi