Pengamat Politik: Jika Maju Sebagai Cawapres Erick Thohir Punya Daya Tarik Elektoral di Kalangan Milenial

| 02 Nov 2022 18:50
Pengamat Politik: Jika Maju Sebagai Cawapres Erick Thohir Punya Daya Tarik Elektoral di Kalangan Milenial
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Hasil Survei Charta Politika menyatakan tingkat kepercayaan anak muda atau milenial terhadap potensi Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) terus melonjak tinggi.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Charta Politika pada September 2022 menunjukkan, posisi Erick Thohir berhasil bertengger tiga besar figur cawapres potensial dengan persentase angka 9,5 persen.

“Erick Thohir kemungkinan berebut suara pada basis yang sama, yaitu milenial, netizen dan pemilih muda,” ujar pengamat politik Universitas Indonesia Meidi Kosandi.

Dia mengatakan, karakteristik kepemimpinan dan kebijakan Erick Thohir yang berpihak  pada anak muda di Kementerian BUMN mendapat respons positif dari kalangan milenial.

Meidi menyebut, kondisi demikian bisa menjadi modal kuat dalam mengarungi kontestasi Pilpres 2024. Keunggulan yang dimiliki Erick Thohir tentunya bisa membawa berkah positif secara elektoral.

Sebab dia menilai, keunggulan Erick Thohir terletak pada tingkat basis pemilih sosial di masyarakat. Menurutnya, Erick Thohir cenderung lebih dekat kepada kalangan organisasi serta masyarakat golongan ekonomi kecil.

“Erick Thohir mungkin pada kelompok identitas dan pelaku pasar,” papar Meidi.

Hingga kini Erick Thohir terus menunjukkan kinerja positif di Kementerian BUMN. Hal itu turut memantik banyak perhatian publik, membuat angka elektabilitas mantan pemilik  Inter Milan itu terus melonjak tinggi.

Rekomendasi