Ratusan Rumah Hancur hingga Jalan Terputus Akibat Gempa di Cianjur

| 21 Nov 2022 17:20
Ratusan Rumah Hancur hingga Jalan Terputus Akibat Gempa di Cianjur
Dampak gempa di Cianjur (Dok. BNPB)

ERA.id - Sejumlah infrastruktur di beberapa daerah sekitar wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami kerusakan parah dampak dari gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pihanya mencatat ada 343 unit rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang.

"Empat unit Gedung pemerintah, tiga unit fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko dan satu unit cafe juga alami kerusakan, serta ada jalanan yang terputus," kata Suharyanto dalam keterangan pers, Senin (21/11/2022).

Dia mengatakan, akan segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya percepatan penanganan gempa.

“Besok pagi saya akan ke lokasi, untuk melaksanakan pendampingan terhadap langkah-langkah penanganan gempa di Cianjur, selain itu untuk memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak," kata Suharyanto.

Khusus untuk ratusan rumah warga roboh, BNPB memastikan pemerintah akan membantu pembangunannya.

"Rumah yang alami kerusakan akan dibangun kembali oleh pemerintah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Suharyanto menjelaskan, tidak ada yang dapat memprediksi kapan terjadinya bencana, yang terpenting bagaimana respon yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat terjadinya bencana.

“Gempa sudah terjadi, tidak ada satu kekuatan yang bisa menghindari kapan terajdinya bencana, yang pasti setelah terjadi bencana bagaimana upaya-upaya kita secara sinergi, soliditas dan sungguh-sungguh agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," pungkas Suharyanto.

Rekomendasi