Siaga di Perbatasan, Polisi Bakal Usir Aksi Konvoi yang Ingin ke Jakarta

| 30 Dec 2022 20:12
Siaga di Perbatasan, Polisi Bakal Usir Aksi Konvoi yang  Ingin ke Jakarta
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya akan melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan di DKI Jakarta saat perayaan malam tahun baru 2023 pada Sabtu (31/12/2022).

Masyarakat yang kedapatan arak-arakan atau konvoi, akan diputarbalikkan.

"Dan juga ada titik-titik penyekatan yang akan kita lakukan terhadap aktivitas masyarakat yang sekiranya bisa membuat ketidaknyamanan situasi, seperti arak-arakan yang tidak perlu, konvoi, akan kita putarbalikan," kata Latif kepada wartawan, Jumat (30/12/2022).

Latif menerangkan penyekatan di Jakarta Barat dilakukan di sekitar Kalideres. Untuk di wilayah Jakarta Timur, dilaksanakan di dekat Gedung PT Panasonic, Jl Raya Jakarta-Bogor.

Sementara di wilayah Jakarta Selatan, penyekatan dilakukan di sekitar Lenteng Agung. Dia menerangkan penyekatan juga akan dilakukan di sekitar Kalimalang dan Lebak Bulus.

"Sasarannya (penyekatan) adalah mengantisipasi aktivitas masyarakat yang sekiranya membahayakan seperti arak-arakan, seperti menggunakan kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya, ini kan membahayakan dan kita akan putarbalikan untuk aktivitas di masing-masing tempat," ucapnya kembali dikonfirmasi.

Lebih lanjut, dia mengatakan car free night di Jl Jenderal Sudirman hingga Jl MH Thamrin dilakukan dari pukul 20.00 WIB. Pada pukul 18.00 WIB, sudah mulai dilakukan penutupan jalan di Sudirman-MH Thamrin.

"Busway akan beroperasional melihat situasional (di Jl Sudirman-MH Thamrin), kalau memang masih bisa berjalan seperti biasa akan kita operasionalkan. Tapi kalau memang massa sudah bisa tidak dilewati nggak nyaman untuk pelaksaan car free night, busway akan kita alihkan," ucapnya.

Terpantau di Jl Sudirman hingga MH Thamrin Jumat sore ini, tenda-tenda untuk perayaan malam tahun baru belum dipasang. Sub Koordinator Urusan Pemasaran Pariwisata Dalam Negeri, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Triatin Permanik mengatakan pemasangan tenda untuk perayaan malam tahun baru di Jl Sudirman-MH Thamrin dilakukan pada esok dini hari.

"Rencana loading barang mulai dini hari," kata Triatin Permanik saat dihubungi, Jumat.

Lebih lanjut, Triatin mengatakan bakal ada sembilan panggung yang dipasang di sepanjang Jl Sudirman-MH Thamrin. Dia menerangkan nantinya di sekitar panggung itu disediakan posko kesehatan dan ambulans.

Rekomendasi