Bripka RR Cuma Dengar Sambo Suruh Yosua Jongkok, Tak Tahu Perintah 'Hajar Chard!'

| 09 Jan 2023 13:00
Bripka RR Cuma Dengar Sambo Suruh Yosua Jongkok, Tak Tahu Perintah 'Hajar Chard!'
Terdakwa perkara pembunuhan berencana Brigadir J, Bripka Ricky Rizal Wibowo, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Ilham Apriyanto/ERA.id)

ERA.id - Bripka Ricky Rizal Wibowo (Bripka RR) hanya mendengar Ferdy Sambo meminta Yosua atau Brigadir J jongkok sebelum peristiwa penembakan di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7/2022) silam.

Awalnya, Ricky menjelaskan dirinya memanggil Brigadir J masuk ke dalam rumah usai diperintah Ferdy Sambo. Bripka RR lalu menyusul Yosua yang sudah masuk ke dalam rumah terlebih dahulu.

Ketika berjalan ke dalam rumah dinas, dia melihat Kuat Ma'ruf, Ferdy Sambo, dan Bharada Richard Eliezer (Bharada E). Pada saat itu, terdakwa mendengar suara Sambo dan memerintahkan Yosua untuk berjongkok.

"Posisi Yosua sudah ada di depan antara bapak dengan Richard. Kemudian saya tidak terlalu mendengar ada apa-apa. Terus yang saya dengar waktu itu saya sambil jalan, Bapak mengucapkan 'jongkok!' ke arah Yosua, dan Richard mencabut senjata dan mengarahkan senjata," kata Ricky saat diperiksa sebagai terdakwa, saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (9/1/2023).

Ricky menambahkan, Brigadir J menolak untuk jongkok dan menanyakan yang terjadi. Namun, sambungnya, Bharada E malah langsung menembak J hingga terjatuh.

"Seinget saya Yosua mundur tidak mau jongkok, mundur gitu. Terus 'ada apa ini? Apa ada Pak?'. Terus ditembak sama Richard," sambungnya.

Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso lalu bertanya apakah Bripka RR mendengar perintah Ferdy Sambo berupa 'hajar Chard' atau tidak. RR menjawab tidak.

"Yang saya dengar hanya jongkok, Yang Mulia," jawab Ricky.

"Pada saat itu ia mengatakan 'hajar Chard hajar?'," timpal Wahyu.

"Saya tidak mendengar," ucap Bripka RR.

Namun, Wahyu tampaknya menilai keterangan Bripka RR janggal. Sebab, TKP penembakan Yosua berada di ruangan kecil dan Ricky seharusnya mengetahui perintah Ferdy Sambo ke Richard.

"Artinya kan saudara mendengar dong atau melihat kalau memang saudara mengatakan, saudara dari dapur menuju meja makan, itu saudara mendengar dong, kan saudara satu ruangan dan ruangan itu tidak terlalu besar," ujar Wahyu.

"Saya sampaikan Yang Mulia yang saya dengar Bapak bilang 'jongkok, jongkok'," jawab Ricky.

"Itu saja? Tapi saudara tidak mendengar waktu bilang 'hajar Chard hajar'?," tanya lagi Wahyu memastikan.

"Tidak mendengar, Yang Mulia," kata Ricky Rizal.

Rekomendasi