Daftar jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Harus Mundur dari Menteri BUMN? Ini Kata Istana

| 16 Jan 2023 17:43
Daftar jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Harus Mundur dari Menteri BUMN? Ini Kata Istana
Erick Thohr (Antara)

ERA.id - Menteri Badan Udaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi salah satu kandidat ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Dia akan bersaing dengan Ketua DPD RI La Nyalla.

Lalu, apakah nantinya Erick Thohir harus mundur dari jabatannya sebagai menteri BUMN jika terpilih sebagai ketua umum PSSI?

Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskan) Pramono Anung mengatakan, sebaiknya publik tidak berandai-andai terhadap sesuatu hal yang belum pasti.

"Yang ini saja belum (terpilih sebagai ketua umum PSSI). Jangan berandai-andai," kata Pramono di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Lebih lanjut, Pramono meyakini Erick Thohir sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo sebelum mendaftarkan diri sebagai ketua umum PSSI.

"Pasti sudah minta izin ke presiden, enggak mungkin Pak Erick maju tanpa izin presiden. Sehingga beliau secara resmi sudah ajukan diri jadi calon (ketua umum PSSI)," katanya.

Terkait dengan peluang Erick Thohir terpilih sebagai ketua umum PSSI, Pramono tak mau berkomentar banyak. Menurutnya, keputusan itu sepenuhnya merupakan kewenangan PSSI dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun, termasuk Jokowi.

"Yang paling menentukan kan voters, pemilih di PSSI sendiri. Jadi beliau (Jokowi) tidak akan melakukan intervensi, akan serahkan ke PSSI sepenuhnya," katanya.

"Sekarang terserah ke pemilih, apakah pilih pak Erick atau La Nyalla, atau siapapun jadi calon," imbuh Pramono.

Seperti diketahui, Erick Thohir akan berpasangan dengan Ratu Thisa untuk memperebutkan posisi petinggi PSSI periode 2023-2027.

Keduanya mendaftarkan diri di GBK Arena, Senayan, pada Minggu (15/1).

Saat menyerahkan berkas pendaftaran, Erick Thohir didampingi sejumlah petinggi klub sepak bola di Tanah Air. Diantaranya seperti Kaesang Pangarep (Persis Solo), Raffi Ahmad (RANS Nusantara), Teddy Tjahjono (Persib Bandung), dan Atta Halilintar (Bekasi City FC).

"Sebenarnya yang harus kita lakukan adalah kita harus bernyali untuk sepak bola yang bersih dan juga sepak bola yang berprestasi, itu yang terpenting. Terima kasih atas kepercayaannya, tapi hari ini tugasnya memastikan apakah mimpi kita bersama menjadi kenyataan, ayo kita mulai kerja dan kita lihat tanggal 16 Februari," kata Erick.

Selain Erick, tokoh lain yang mendaftar sebagai ketua umum PSSI adalah La Nyalla yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD RI.

Rekomendasi