Gibran Ungkap Prabowo Berencana Revitalisasi Kavallerie Artillerie Pura Mangkunegaran: Kakek Prabowo Pernah Mengabdi di Tempat Itu

| 25 Jan 2023 21:23
Gibran Ungkap Prabowo Berencana Revitalisasi Kavallerie Artillerie Pura Mangkunegaran: Kakek Prabowo Pernah Mengabdi di Tempat Itu
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau kondisi Kavallerie Artillerie di Pura Mangkunegaran didampingi KGPAA Mangkunegara X dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (24/1/2023). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkap, jika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tertarik untuk merevitalisasi gedung Kavallerie Artillerie di kawasan Pura Mangkunegaran. Wacana ini muncul pasca Prabowo berkunjung ke Pura Mangkunegaran, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengungkap, pasca kunjungan kemarin, Prabowo kembali lagi hari ini ke Pura Mangkunegaran. Ia kembali meninjau bangunan yang berlokasi di sisi timur Pura Mangkunegaran tersebut.

"Tadi pagi juga Pak Prabowo ke sana. Beliau mau membagi sesuatu di Kavallerie," jelas Gibran, Rabu (24/1/2023).

Gibran mengaku, jika Prabowo telah meninjau lansung kondisi bangunan cagar budaya ini. Ia mengungkapkan jika kondisi Kavallerie sangat memprihatinkan dan segera membutuhkan perbaikan.

"Iya seperti kemarin menyedihkan kan banyak, hampir semua (rapuh). Ngeri makanya harus segera kita sentuh," kata Gibran.

Lebih lanjut Gibran menjelaskan, ketertarikan Prabowo merevitalisasi kawasan Pura Mangkunegaran ini, karena Prabowo memiliki sejarah dan masa lalu bersama Pura Mangkunegaran. Sebab kakek Prabowo yakni Margono Djojohadikoesoemo pernah bekerja dan mengabdi di Pura Mangkunegaran.

"Intinya kan Pak Prabowo dulu eyangnya kan salah satu Menteri Keuangan beliau pengen memberikan sumbangsih ke Mangkunegaran," ungkap Gibran.

Gedung Kavallerie Artillerie didirikan pada tahun 1853 dan selesai dibangun pada tahun 1874 tepat pada masa pemerintahaan KGPAA Mangkunagoro IV. Fungsi gedung ini dulunya sebagai markas Legiun Mangkunegaran, serta Pamedan sebagai lapangan untuk latihan para pasukan Legiun Mangkunegaran.

"Yang jelas parkir kuda menaruh senjata-senjata dan disatukan depan pamedan itu kan harusnya dulu pasir untuk berkuda. Semua akan dikembalikan ke bentuk awal ya seperti Pracima," jelas Gibran.

Rekomendasi