Golkar Kirim Tiga Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Jokowi

| 14 Mar 2023 08:27
Golkar Kirim Tiga Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Jokowi
Menpora Zainuddin Amali. (Antara)

ERA.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi mengundurkan diri setelah terpilih sebagai Wakil Katua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menyerahkan tiga nama calon menpora menggantikan Zainudin Amali kepada Pralesiden Joko Widodo.

"Kira-kira Pak Airlangga nyetor tiga lah nama (calon menpora)," kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Namun, dia tak mau mengungkap siapa-siapa saja yang nama yang disodorkan Airlangga ke Jokowi. Dia juga tak tahu siapa dari tiga kandidat tersebut yang akan dipilih.

"Tiga (nama) dipilih Presiden, mau yang mana," kata Lodewijk.

Mengenai pelantikan menpora baru, Wakil Ketua DPR RI itu juga tak mengetahuinya. Sebab, bisa saja Jokowi menggunakan momentum pelantikan menpora baru setelah Zainudin Amali mengundurkan diri untuk merombak kabinetnya.

"Apakah yang direshuffle hanya satu itu saja, atau masih menunggu yang lain. Kita belum tahu, tergantung beliau, karena itu hak prerogatifnya beliau," ucap Lodewijk.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (Plt.) menteri pemuda dan olahraga selepas pengunduran diri Zainudin Amali.

Presiden Jokowi, saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin, menyampaikan sejauh ini dia belum menentukan pengganti definitif Menpora RI.

"“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kami putuskan. Sekarang, (jabatan menpora) sudah di-Plt-kan ke Pak Menko PMK,” kata Jokowi.

Sebagai informasi, Zainudin Amali pada minggu lalu (9/3) mengantarkan surat pengunduran dirinya ke Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Zainudin Amali mengundurkan diri karena ingin fokus mengurus PSSI mengingat pada Kongres Luar Biasa PSSI bulan lalu (16/2) dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

Politisi Partai Golkar itu pun juga telah mengumumkan dia tidak lagi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI saat meninjau persiapan Piala Dunia U20 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin kemarin.

Rekomendasi