Budiman Sudjatmiko Raih Penghargaan Tokoh Pejuang UU Desa: Desa Membuat Indonesia Bertahan dari Pandemi

| 19 Mar 2023 18:05
Budiman Sudjatmiko Raih Penghargaan Tokoh Pejuang UU Desa: Desa Membuat Indonesia Bertahan dari Pandemi
Budiman Sudjatmiko (Antara)

ERA.id - Puluhan ribu orang yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa menghadiri peringatan 9 tahun implementasi Undang-Undang Desa di Gelora Bung Karno, Jakarta. Agenda ini dinilai menjadi momentum silaturahmi dan konsolidasi untuk memacu desa semakin maju.

Acara yang digagas oleh APDESI ini dihadiri oleh sjumlah tokoh penting seperti Mantan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Wamen Desa Budi Arie Setiadi, hingga Kepala BPIP Yudian Wahyudi.

Inisiator dan Pimpinan Pansus RUU Desa, Budiman Sudjatmiko menyatakan UU Desa sangat berperan penting bagi kemajuan desa di Indonesia saat ini. Sebab, dia menyebut desa merupakan bagian yang sangat penting bagi Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19.

"Menurut saya, UU Desa seperti mengutip ucapan Pak Luhut Binsar Pandjaitan adalah UU yang memungkinkan kita, Indonesia bertahan. Indonesia bertahan dari pandemi salah satunya karena UU Desa," ujar Budiman kepada wartawan di sela acara.

Budiman menuturkan UU Desa yang di dalamnya mengatur soal alokasi dana dari pusat diharapkan bukan hanya ditujukan untuk membangun infrastruktur. 

Dia berharap ke depan anggaran untuk desa juga digunakan untuk mengembangkan sumber daya manusia hingga kebudayaan di desa. 

Kemudian, Budiman juga mendorong 10 persen APBN dialokasikan untuk desa. Selain itu sejalan dengan Apedesi agar 15 Januari ditetapkan sebagai Hari Desa.

Lebih lanjut, Budiman juga mengajak semua pihak untuk menjalankan arahan yang disampaikan oleh Megawati, yakni pentingnya nilai gotong royong dalam membangun desa.

"Saya sangat sepakat dengan apa yang disampaikan Bu Mega bahwa gotong royong adalah kunci untuk membangun dan memajukan desa," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam acara ini, Budiman juga mengucapkan terima kasih atasi diberikannya pernghargaan sebagai salah satu tokoh pejuang UU Desa. "Saya merasa terhormat atas penghargaan yang telah diberikan kepada saya. Saya percaya bahwa kemajuan desa merupakan tanggung jawab kita bersama," ujar Budiman.

Selain Budiman, sejumlah tokoh yang hadir juga mendapat penghargaan dari Apdesi seperti Megawati sebagai tokoh penggerak gotong royong desa. Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan selaku tokoh nasional penggerak kemandirian desa.

Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai tokoh nasional penggerak tata kelola pemerintahan desa, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai gubernur peduli kesejahteraan aparatur desa.

Rekomendasi