Anies Baswedan Bakal Dibantu Tim Kecil untuk Pilih Calon Wakil Presiden

| 24 Mar 2023 20:44
Anies Baswedan Bakal Dibantu Tim Kecil untuk Pilih Calon Wakil Presiden
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan memberikan kewenangan kepada Anies Baswedan selaku bakal calon presiden untuk memilih dan menentukan calon wakil presidennya.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu ikut menugaskan tim kecil yang berjumlah delapan orang untuk membantunya memilih calon wakil prsiden.

"Rabu Kliwon tanggal 15 Maret 2023, capres Pak Anies telah memutuskan untuk menugaskan tim delapan, tim kecil ini untuk memfinalkan pilihan-pilihan dari calon wakil presiden," kata perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said dalam konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/3023).

Dia menambahkan, deklarasi pasangan calon presiden dan wakil presiden akan disampaikan secara bersama-sama dengan tiga partai politik pengusung yaitu Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

"Tahapan berikutnya adalah memfinalkan pilihan calon wakil presiden pada waktu mendeklrasikannya bersama-sama (dengan parpol pengusung)," ucapnya.

Adapun delapan orang yang tergabung dalam tim kecil Koalisi Perubahan yaitu dari Partai NasDem diwakili oleh Ketua DPP Willy Aditya dan Sugeng Suparwoto, dari Partai Demokrat diwakili oleh Sekjen Teuku Riefky dan Iftitah Sulaiman Suryanagara.

Kemudian dari PKS diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syura Sohibul Iman dan Ketua DPP Al Muzzammil Yusuf. Sementara dari pihak Anies Baswedan diwakili oleh Sudirman Said dan Dadang Dirgantara.

Diketahui, ketua umum Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS telah menandatangani piagam kerja sama politik. Hal ini sekaligus menandakan tiga partai politik itu resmi membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau disebut Koalisi Perubahan.

Terdapat enam poin dalam piagam kerja sama itu. Diantaranya yaitu memandatkan kepada Anies selaku calon presiden yang diusung untuk memilih calon wakil presiden hingga berkomunikasi dengan partai politik lain guna menambah jumlah dukungan.

Rekomendasi