Soal Pertemuan Anies dan Ganjar di Tanah Suci, PPP: Tidak Ngomong Koalisi

| 27 Jun 2023 15:06
Soal Pertemuan Anies dan Ganjar di Tanah Suci, PPP: Tidak Ngomong Koalisi
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo (Dok. istimewa)

ERA.id - Wakil Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek meyakini, tidak ada obrolan soal politik dalam pertemuan antara bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela-sela menunaikan ibadah haji.

Menurutnya, Anies dan Ganjar hanya sebatas membicarakan soal ibadah dan niatnya mendoakan masa depan Indonesia. Bukan untuk bicara politik.

"Di situ pasti ngobrolnya soal ibadah, soal kabar, soal tanah suci, soal mendoakan Indonesia. Yang jelas tidak akan ngomong koalisi, orang itu mau ibadah," kata Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Terkait dengan kehadiran mantan Ketua Umum PPP yang juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa, menurut Awiek bukan bermaksud menjembatani pertemuan Aniis dan Ganjar.

Dia bilang, ketiganya hanya kebetulan saja berada di lokasi yang masa yaitu Mina Hospitality Palace di Mina, Arab Saudi. Dia menduga, baik Ganjar, Anies maupun Suharso berangkat haji menggunakan visa undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

"Saya kira enggak adalah Pak Harso yang begitu-begitu untuk mempertemukan. Apa untungnya. Cuma beliau sama-sama di satu tempat mau ke Arafah bareng-bareng, ya ketemu," ucapnya.

"Nah, husnuzon saya, mereka berembuk untuk kebaikan negara Indonesia, bagaimana Indonesia lebih baik. Mumpung di Tanah Suci, mendoakan Indonesia ini maju, makmur, tentram, adem ayem menghadapi Pemilu 2024," ujar Awiek.

Sebelumnya, beredar foto bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah yang juga bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di sela-sela ibadah haji di Tanah Suci.

Dalam foto tersebut, Ganjar ditemani sang istri Siti Atiqoh, begitu pula dengan Anies yang didampingi istrinya Fery Farhati. Terlihat juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, pertemuan Anies dan Ganjar terjadi saat kedunya sedang makan siang di Mina Hospitality Palace, Mina, Arab Saudi.

"Itu makan siang bareng, sebelahan meja di Mina Hospitality Palace. Fasilitas Kerajaan di Mina," kata Herzaky kepada wartawan.

Dia mengatakan, pertemuan antara Anies dan Ganjar sama sekali tidak direncanakan. Keduanya kebetulan bertemu saat makan siang.

"Bukan pertemuan yang direncanakan," kata Herzaky.

Rekomendasi