Panji Gumilang Jadi Tersangka Kasus Penistaan Agama, Langsung Ditahan?

| 01 Aug 2023 22:05
Panji Gumilang Jadi Tersangka Kasus Penistaan Agama, Langsung Ditahan?
Tersangka kasus penistaan agama, Panji Gumilang. (Antara)

ERA.id - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. Namun, hingga kini Bareskrim Polri belum menentukan apakah Panji Gumilang ditahan atau tidak.

"Saat ini penyidik masih mempunyai 1x24 jam. Jadi proses penyidikan kami saat ini hanya melaksanakan proses penangkapan. Untuk lebih lanjut kita lihat perkembangan penyidikan yang dilaksanakan malam ini," kata Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Dalam proses penyidikan kasus ini, Djuhandhani menerangkan penyidik telah memeriksa 40 saksi dan 17 ahli. Panji Gumilang dalam kondisi sehat saat diperiksa.

"Kalau itu tidak selesai kita lanjutkan besok pemeriksaan dan status yang bersangkutan, saat ini masih dalam pemeriksaan ataupun penangkapan, di mana penyidik mempunyai kewenangan 1x24 jam," ujarnya.

Diketahui, Panji Gumilang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) lalu memblokir ratusan rekening Panji Gumilang karena pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini diduga melakukan TPPU.

Bareskrim Polri dan PPATK pun berkoordinasi untuk mendalami aliran transaksi keuangan Ponpes Al-Zaytun dan hasilnya, Panji Gumilang diduga melakukan tindak pidana korupsi dana BOS dan penyalahgunaan zakat.

"Dari hasil koordinasi dan analisa transaksi tersebut didapat dugaan penyalahgunaan yang berindikasi tindak pidana terkait yayasan, tindak pidana penggelapan, tindak pidana korupsi dana BOS, hingga tindak pidana terkait penyalahgunaan dana pengelolaan zakat oleh saudara PG," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (21/7).

Rekomendasi