Kasus TPPU dan Korupsi Dana BOS Panji Gumilang Naik ke Tahap Penyidikan

| 16 Aug 2023 15:15
Kasus TPPU dan Korupsi Dana BOS Panji Gumilang Naik ke Tahap Penyidikan
Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan (Sachril/ERA).

ERA.id - Bareskrim Polri menaikkan status kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan korupsi dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang dilakukan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang.

Kasus ini naik ke tahap penyidikan usai penyidik melakukan gelar perkara pada Rabu (16/8/2023) hari ini.

"Disepakati bersama bahwa ditemukan bukti cukup untuk meningkatkan penyelidikan menjadi penyidikan atas dugaan perkara yang pertama, tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana asal diputuskan dan tindak pidana penggelapan. Yang kedua diputuskan oleh dalam gelar perkara berkas perkara korupsi dana BOS yang menjadi berkas kedua," kata Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Diketahui, Panji Gumilang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama dan pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini telah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebelumnya memblokir ratusan rekening Panji Gumilang karena pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini diduga melakukan TPPU.

Bareskrim Polri dan PPATK pun berkoordinasi untuk mendalami aliran transaksi keuangan Ponpes Al-Zaytun dan hasilnya, Panji Gumilang diduga melakukan tindak pidana korupsi dana BOS dan penyalahgunaan zakat.

Rekomendasi