Survei Capres 2024: Prabowo Raih Dukungan dari Pemilih Sumatera, Jawa hingga Maluku

| 11 Sep 2023 19:20
Survei Capres 2024: Prabowo Raih Dukungan dari Pemilih Sumatera, Jawa hingga Maluku
Calon Presiden 2024, Prabowo Subianto.. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto terus mendapatkan banyak dukungan dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Berdasarkan hasil survei terbaru yang dikeluarkan Polling Institute periode 21 – 25 Agustus 2023, Menteri Pertahanan ini berhasil mendapatkan dukungan dari mulai wilayah Sumatera, Jawa hingga Maluku dan Papua. 

“Sementara ini Prabowo unggul di wilayah Sumatera, Banten, Jabar, Jatim, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua,” kata Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/9/2023).

Jika dirinci lebih mendalam, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan dari wilayah Sumatera sebesar 37,5 persen. Kemudian, diikuti Banten dengan 46,6 persen dan Jawa Barat 35,8 persen. 

Lalu, Prabowo juga secara mengejutkan meraup keunggulan di Jawa Timur dengan total dukungan mencapai 47,9 persen. Berikutnya untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini berhasil mendapatkan dukungan sebesar 39,5 persen. 

Beralih ke Sulawesi, Prabowo juga lagi-lagi mengungguli Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan. Di wilayah Sulawesi, Prabowo berhasil meraup keunggulan sebesar 37,2 persen. 

Lalu, di Maluku dan Papua, Prabowo semakin menunjukkan kedigdayaannya dengan total elektabilitas mencapai 47,2 persen. Di sisi lain, Ganjar dan Anies hanya unggul di wilayah-wilayah tertentu saja. 

Dari hasil survei yang sama, baik Ganjar dan Anies hanya mendapatkan dukungan tertinggi di wilayah Jawa Tengah/Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng/DIY) dan Kalimantan. Adapun Anies hanya unggul di wilayah DKI saja. 

Di Jateng/DIY dan Kalimantan, Ganjar mendapatkan 53,3 persen serta 36,5 persen. Kemudian Anies, hanya unggul di DKI Jakarta dengan total dukungan mencapai 44,5 persen. 

“Ganjar unggul di Jateng DIY, Kalimantan. Anies Unggul di DKI,” ujar Kennedy.

Rekomendasi