Alex Titra Diperiksa Dewas KPK Terkait Sidang Etik Ketua KPK Nonaktif Firli Bahuri

| 21 Dec 2023 17:01
Alex Titra Diperiksa Dewas KPK Terkait Sidang Etik Ketua KPK Nonaktif Firli Bahuri
Pengusaha Alex Tirta. (Antara)

ERA.id - Pengusaha Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta memenuhi panggilan Dewas KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam sidang kode etik Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri, Kamis (21/12/2023). 

"Hadi ditanya soal penyewaan rumah Kertanegara, cuma itu saja. (Pertanyaan) hanya 3 atau 4," kata Alex setelah mengikuti sidang kode etik di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan. 

Alex juga mengatakan materi yang ditanyakan dalam sidang kode etik tersebut tidak jauh berbeda dengan materi pemeriksaannya oleh penyidik Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya.

"Sama ya, pertanyaannya sesuai dengan yang sebelumnya diperiksa di Bareskrim dan di Polda. Cuma itu saja, jadi sama pertanyaannya," ujarnya.

Dalam sidang kode etik yang berlangsung tertutup di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK tersebut Dewas KPK dijadwalkan akan memeriksa 12 orang saksi.

Firli Bahuri dilaporkan ke Dewas KPK karena beredar foto dirinya bersama mantan menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang kini terjerat kasus dugaan korupsi yang perkaranya kemudian ditangani oleh lembaga antirasuah.

Dasar laporan tersebut adalah Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021 yang berisi larangan bagi setiap insan KPK untuk bertemu dengan pihak berperkara di lembaga antirasuah tersebut.

Berdasarkan alat bukti dan keterangan 33 saksi, Dewas KPK telah mengantongi cukup alasan untuk melanjutkan dugaan pelanggaran etik ini ke persidangan kode etik.

Dewas KPK kemudian memutuskan untuk melanjutkan laporan dugaan pelanggaran kode etik oleh Firli Bahuri ke tahap persidangan kode etik. (Ant)

Rekomendasi