Jadi Simbol Keringat Anak Indonesia Alasan Anies Bakal Gelar Puncak Kampanye Akbar di JIS

| 19 Jan 2024 06:32
Jadi Simbol Keringat Anak Indonesia Alasan Anies Bakal Gelar Puncak Kampanye Akbar di JIS
Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan. (Gabriella Thesa/ERA)

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bakal menggelar puncak kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara pada 10 Februari 2024.

Anies mengatakan, alasannya mengakhiri masa kampanye di JIS karena menjadi simbol karya anak bangsa. Dia mengatakan, tak ada tenaga asing yang terlibat dalam proses pembangunan JIS.

"JIS itu simbol keringat anak Indonesia. Dibangun tanpa menggunakan tenaga asing satupun, semuanya adalah anak kandung Indonesia," kata Anies saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Dia mengatakan, JIS merupakan lokasi yang tepat untuk mengkampanyekan visi misi dan program kerjanya yaitu terkait kemandirian bangsa.

JIS, kata Anies, merupakan bukti bahwa anak Indonesia mampu menciptakan bangunan bertaraf internasional. Bahkan, memenuhi standar bangunan ramah lingkungan atau green building.

"Jadi semua persyaratan tentang hal yang baik itu ada di JIS. termasuk ramah penyadang disabilitas," ucap Anies.

"Nah, ketika kami mengkampanyekan tentang kemandirian, mengkampanyekan tentang karya-karya anak bangsa, ya salah satu yang paling tepat untuk dijadikan lokasi adalah itu," imbuhnya.

Namun, dia tak menampik salah satu alasan lainnya memilih JIS sebagai tempat kampanye pamungkasnya, karena memiliki ikatan emosional.

Seperti diketahui, JIS merupakan salah satu peninggalan Anies saat masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Ya tentulah. Masa enggak ada (ikatan emosional dengan JIS)," ucap Anies sambil tersenyum.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan jadwal kampanye terbuka tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dikutip dari salinan Keputusan KPU Nomor 78 Tahun 2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilihan Umum pada Kamis (18/1/2024), disebutkan bahwa kampanye akbar tiga paslon dimulai pada 8 hingga 10 Februari 2024.

Di hari terakhir masa kampanye, Anies-Muhaimin memilih Jakarta dan menggunakan JIS.

Sementara paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga akan menggelar kampanye pamungkasnya di Jakarta, namun bertempat di Gelora Bung Karno (GBK).

Adapun paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal menggelar kampanye terakhirnya di Jawa Tengah. 

Rekomendasi