Kompak Pakai Baju Putih Bareng Keluarga, Anies: Ini Cara Kami Menghormati Pemilu

| 14 Feb 2024 08:55
Kompak Pakai Baju Putih Bareng Keluarga, Anies: Ini Cara Kami Menghormati Pemilu
Anies pakai baju putih (Dok: Era/Flori Anastasia)

ERA.id - Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan ditemani keluarganya menuju tempat pemungutan suara (TPS) nomor 60, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). Mereka kompak mengenakan baju berwarna putih polos.

Sebelum berangkat ke TPS, Anies terlebih dahulu sarapan, dan berdoa bersama. Doa dipimpin oleh sang ibu, Aliyah Baswedan. Setelah itu, Anies melakukan sungkem kepada ibunya. Diikut istri Anies, Fery Farhati dan anak-anaknya.

Anies lantas menjelaskan alasan dirinya dan keluarga mengenakan pakaian putih. Dia menyebut, warna putih ini diartikan sebagai bentuk untuk menghormati semua keputusan dari Pemilu 2024.

"Begitu kami dapat tugas, kami akan bersiap, apapun keputusannya kami siap jalani. Nah, ini pakai baju putih begini, jadi ini satu hal yang kami ingin jelaskan kalau kami hormati apa yang kami temui dan cara kami menghormati dengan berpakaian proper, ini cara kami menghormati," kata Anies di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Ia kemudian mencontohkan, ketika menulis, maka seorang penulis akan memberikan tulisan yang berkualitas sebagai bentuk menghormati pembacanya. Sementara itu, jika penulis hanya menulis seadanya, maka menjadi bentuk yang meremehkan pembaca.

"Ketika kami perpidato seadanya, seakan-akan audiens tidak membutuhkan pidato yang berkualitas, itu merendahkan," ujar dia.

"Kami ingin menghargai, dan warna putih simpel tidak perlu memilih banyak warna," sambung Anies menjelaskan.

Usai memberikan keterangan pers, Anies dan keluarga berangkat menuju TPS. Anies dan keluarga terdaftar sebagai pemilih tetap di TPS 60 di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Rekomendasi