Dugaan Korupsi Pengadaan Kelengkapan Rumah Dinas Anggota DPR Naik ke Tahap Penyidikan

| 24 Feb 2024 09:45
Dugaan Korupsi Pengadaan Kelengkapan Rumah Dinas Anggota DPR Naik ke Tahap Penyidikan
Ilustrasi gedung KPK (Era.id)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan pengusutan dugaan rasuah di Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI naik ke tahap penyidikan. Keputusan itu diambil usai dilakukan gelar perkara.

“Sepakat dalam gelar perkara naik ke proses penyidikan terkait dengan dugaan korupsi untuk pengadaan kelengkapan rumah jabatan di DPR RI,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).

Meski demikian, Ali belum membeberkan identitas tersangka dalam kasus ini, termasuk dugaan keterlibatan Sekjen DPR RI, Indra Iskandar. Ia berjanji, KPK akan mengungkap rincian kasus tersebut ke publik saat penyidikan dirasa cukup.

“Perkembangan-perkembangannya nanti kami sampaikan,” ujar Ali.

Adapun tim penyelidik KPK telah meminta keterangan Indra Iskandar pada Rabu, 31 Mei 2023. Usai dimintai keterangan saat itu, ia milih bungkam saat dikonfirmasi sejumlah pertanyaan awak media.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dugaan korupsi ini salah satunya terkait dengan pengadaan mebel di rumah jabatan. Pihak yang disepakati dimintai pertanggungjawaban hukum dalam kasus itu adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar.

Rekomendasi