Kelakar AHY ke Kader Demokrat: Besok Saya Rapat dengan DPR, Jangan Rasa Oposisi

| 24 Mar 2024 00:15
Kelakar AHY ke Kader Demokrat: Besok Saya Rapat dengan DPR, Jangan Rasa Oposisi
Ketum Partai Demokrat AHY hadiri buka puasa bersama dengan kadernya. (Era.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melempar candaan kepada para kadernya yang duduk di Parlemen supaya tidak lagi bersikap oposisi.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya saat menghadiri buka puasa bersama kader Partai Demokrat di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2024).

Awalnya, AHY mengatakan, dirinya diagendakan menghadiri rapat kerja dengan Komisi II DPR RI dalam kapasitas sebagai menteri ATR/BPN pada Senin (25/3). Lalu dia meminta kadernya supaya bersikap seperti partai yang sudah berada di dalam pemerintahan.

"Saya besok hari Senin mau rapat kerja dengan Komisi II DPR RI. Jangan salah-salah kaprah nih. Ini kita sudah di pemerintahan. Jangan nanti di Komisi II kita masih seperti kita di oposisi, kacau, semuanya kacau ini hehehe. Jangan kebalik-balik," kata AHY sambil tertawa.

Meski begitu, dia menegaskan bukan berarti Partai Demokrat tidak boleh mengkritisi pemerintah lagi. Tapi harus bisa menempatkan diri sebagai partai yang baru bergabung dengan pemerintahan.

"Jangan kebalik-balik. Oposisi rasa pemerintahan, pemerintahan tapi rasa oposisi," ucapnya.

"Bukan artinya tidak kritis. Saya ulangi, bukan berarti menjadi tidak kritis, tidak. Kritis itu penting. Jangan kita permalukan diri sendiri menjadi anggota DPR yang tidak kritis, tidak," imbuh AHY.

Dia menegaskan, Partai Demokrat memiliki peran penting di dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, terutama untuk megawal transisi kekuasaan.

Diketahui, Partai Demokrat adalah salah satu partai politik pengusung pasangan calon pemenenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Ingat, kita ini sekarang fokusnya bagaimana menyukseskan pemerintahan hingga nanti Oktober 2024 sampai nanti mempersiapkan lepas landasnya lagi pemerintahan berikutnya, 5 tahun ke depan, dengan ini Demokrat punya peran strategis dalam proses transisi yang tidak mudah," pungkasnya.

Rekomendasi