Airlangga Hartarto Sinyalkan Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

| 03 Aug 2024 10:45
Airlangga Hartarto Sinyalkan Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bakal mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Awalnya dia mengatakan bahwa Golkar sudah memiliki kesepakatan dengan Partai Gerindra untuk mengusung Dedi Mulyadi untuk maju bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2024.

"Tadi pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPD Partai Golkar, dan juga DPD Gerindra, kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat sudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga antara lain wakil ketua Pak Ade Ginanjar, jadi pembicaraan sudah sampai sana," kata Airlangga di Jakarta, dikutip Sabtu (3/8/2024).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu kemudian menegaskan, dengan kesepakatan mengusung Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, maka tokoh yang akan diusung di Pilgub Jakarta tak perlu dipertanyakan lagi.

Diketahui, mantan gubernur Jawa Barat yang juga kader Partai Golkar, Ridwan Kamil sempat diproyeksikan maju di Pilgub Jawa Barat atau Pilgub Jakarta.

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti Jakarta siapa, masih nanya. Apalagi Jakartanya KIM plus," ucap Airlangga.

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar meminang mantan bupati Purwakarta dua periode, Dedi Mulyadi,  maju menjadi calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2024.

Hal tersebut dipastikan usai pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan utusan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yakni Singgih Januratmoko dan sejumlah petinggi Golkar Jabar di Kota Bandung pada Jumat  (2/8) malam.

"Kita tadi sudah berdiskusi banyak. Intinya bahwa kita mendukung Pak Dedi Mulyadi untuk menjadi calon gubernur di Jawa Barat," kata Singgih.

Sebagai calon, Dedi juga mengaku akan meminta ridho dan persetujuan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk bertarung pada Pilkada Jabar.

Dedi mengatakan, dalam pertemuan tersebut ia juga mendapatkan beberapa pesan dari Airlangga melalui sambungan telepon untuk mempersiapkan diri.

"Pak Airlangga berpesan ke saya, jangan terlalu jauh kalau main dari luar rumah, jangan melewati Jawa Barat, harus berada di wilayah Jawa Barat. Kemudian nanti cari pasangan di Golkar yang sesuai dengan kriteria sebagai calon istri (wakil) yang baik," kata Dedi.

Rekomendasi