ERA.id - Balai Kota Jakarta diserbu oleh masyarakat yang ingin melamar pekerjaan sebagai Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Masyarakat berbondong-bondong datang demi mendapat pekerjaan.
Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik DKI Jakarta, Cyril Raoul Hakim atau Chico Hakim mengimbau kepada masyarakat untuk tidak datang ke Balai Kota. Ia menekankan bahaa proses pendaftaran bisa dilakukan secara online.
"Kami sedang membangun sistem yang lebih praktis dan transparan agar warga tidak perlu datang jauh-jauh ke Balai Kota untuk menyerahkan lamaran. Semua bisa diakses secara daring (online)," kata Chico dalam keterangannya, dikutip Rabu (23/4/2025).
Chico menuturkan para pelamar nantinya dapat mengakses informasi melalui situs resmi Pemprov DKI Jakarta di https://www.jakarta.go.id/loker.
Selain itu, masyarakat juga dapat langsung mengakses situs resmi dari instansi atau unit kerja yang membuka rekrutmen PJLP sesuai kebutuhannya.
Meski demikian, Pemprov DKI berterima kasih atas tingginya antusiasme masyarakat dalam melamar kerja, terutama untuk posisi PJLP seperti PPSU dan Damkar.
Diketahui kepadatan masyarakat di Balai Kota terjadi pada Selasa (22/4) pagi. Sejumlah pelamar sudah hadir di Balai Kota untuk menyerahkan berkas lamaran secara langsung.
Menurut Chico, lamaran ini akan diteruskan kepada instansi atau unit kerja terkait untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Ia juga menekankan proses rekrutmen ini berjalan secara profesional tanpa adanya titipan.
"Kami menghargai antusias warga yang ingin bekerja dan membangun Jakarta bersama-sama. Namun, semua proses rekrutmen harus berjalan profesional dan berbasis pada kapasitas, tanpa ada titipan maupun intervensi dari pihak mana pun," jelas Chico.
Rekrutmen PJLP seharusnya dilakukan oleh wilayah atau suku dinas terkait, sesuai kebutuhan masing-masing unit kerja.
Dengan sistem online yang sedang disiapkan diharapkan masyarakat bisa lebih mudah mengakses peluang kerja dan proses rekrutmen dapat berlangsung secara adil, tertib, dan akuntabel.