Ending dari Polemik: Ruangguru Sumbangkan Semua Pemasukannya dari Kartu Prakerja

| 04 Aug 2020 17:46
Ending dari Polemik: Ruangguru Sumbangkan Semua Pemasukannya dari Kartu Prakerja

ERA.id - Ruangguru berencana menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy yang merupakan platform mitra kerja program Kartu Prakerja untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Hal tersebut disampaikan oleh pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru Belva Devara.

Belva mengatakan, Ruangguru ingin turut berkontribusi membantu masyarakat di masa sulit karena pandemi virus korona. Dia mengaku telah mengirimkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat tersebut."Kami memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital di Program Kartu Prakerja, dari awal program dimulai hingga saat ini, kepada negara, untuk membantu penanganan pandemi COVID-19," ujar Belva melalui keterangan tertulinya, Selasa (4/7/2020)

Ruangguru mengatakan hingga saat ini belum menagihkan pembayaran apa pun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan Manajemen Kartu Prakerja perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan.

Setelah pembayaran diterima dan dipotong pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja dari gelombang 1 hingga gelombang 3 akan disumbangkan kepada negara.

Dengan adanya donasi tersebut, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru, termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya.

Meski begitu, Ruangguru tidak menyebutkan jumlah penghasilan yang didapat dari hasil kerja sama Kartu Prakerja yang akan disumbangkan seluruhnya untuk penanganan COVID-19.

"Hingga saat ini, tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Prakerja gelombang 1 hingga gelombang 3," kata Belva.

Ruangguru juga mengungkapkan, selama berjalannya Program Kartu Prakerja hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0 persen kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.

Sebelumnya, CEO Ruangguru Belva Devara mundur dari posisi staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena keterlibatan startup Ruangguru program Kartu Prakerja menuai polemik. 

Rekomendasi