Sering Dikritik, Jokowi Mengaku Berteman Baik dengan Fahri Hamzah dan Fadli Zon

| 13 Aug 2020 12:14
Sering Dikritik, Jokowi Mengaku Berteman Baik dengan Fahri Hamzah dan Fadli Zon
Fadli Zon, Fahri Hamzah, Ahmad Dhani, dan Rocky Gerung (Dok. Instagram Fahri Hamzah)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara soal penganugerahan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada politisi Partai Gerindra Fadli Zon dan Partai Gelora Fahri Hamzah. Keduanya diketahui paling kencang mengkritik Jokowi di periode pertama.

Jokowi mengatakan, meskipun kerap mendapat kritikan keras dari dua mantan wakil ketua DPR RI tersebut, namun bukan berarti bermusuhan.

"Bahwa misalnya ada pertanyaan mengenai pak Fahri Hamzah kemudian pak Fadli Zon ya berlawanan dalam politik kemudian berbeda dalam politik ini bukan berarti kita ini bermusuhan dalam berbangsa dan bernegara," ujar Jokowi usai upacara penganugrahan tanda kehormatan dan bintang jasa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Jokowi menegaskan selama ini dia berteman baik dengan Fahri dan Fadli. Adapun pemilihan kedua nama itu sebelumnya telah diseleksi oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"Saya berkawan baik dengan pak Fahri Hamzah, berteman baik dengan pak Fadli zon. Ini lah Indonesia. Nanti tanyakan langsung ke pak Fahri, ke pak Fadli," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Fahri menambahkan sebagai sesama pimpinan biasa jika saling mengkritik, tapi tetap harus menjaga persatuan. Khususnya di tengah pandemi COVID-19, sudah sepantasnya semua saling bahu membahu.

"Sebagai negara demokrasi kita harus bisa memelihara persatuan dan kebersamaan apalagi situasinya sekarang kan lagi COVID-19 dan sebagainya jadi saya kira itu lah momennya sekarang bagi kita semua untuk mempersatukan bangsa kita," kata Fahri.

Selain Fadli dan Fahri ada empat penerima lain tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya 2020. Mereka adalah, Mahyudin (Wakil Ketua MPR RI 2014-2019), Agus Hermanto (Wakil Ketua DPR RI 2014-2019), Farouk Muhammad Saleh (Wakil Ketua DPD RI 2014-2019), dan Rahmat Shah (Anggota DPD RI 2009-2014 dan Anggota MPR RI 1999-2004).

Selain itu, satu penerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya lain adalah Komjen (Purn) Suhardi Alius, (Kepala BNPT 2016-2020).

Rekomendasi