Pukul 10.17 WIB Mereka Behenti Sejenak, Mengambil Sikap Sempurna untuk Merah Putih

| 17 Aug 2020 10:50
Pukul 10.17 WIB Mereka Behenti Sejenak, Mengambil Sikap Sempurna untuk Merah Putih
Sikap berdiri sempurna petugas keamanan stasiun transit Tanah Abang saat detik-detik pengibaran bendera pusaka. (Gradi/era.id)

ERA.id -  Di tengah pandemi COVID-19, Istana Kepresidenan tidak mengundang masyarakat untuk hadir dan melaksanakan upacara bersama di halaman Istana. Sebagai gantinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menyaksikan upacara peringatan HUT ke-75 RI melalui siaran virtual di Youtube dan televisi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta masyarakat untuk mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB di manapun berada. Serta memberikan penghormatan pada Sang Merah Putih.

"Tepat pukul 10.17 WIB mari serentak untuk mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih," ungkap Jokowi.

Dipantau era.id di sejumlah lokasi, masyarakat tampak mematuhi imbauan Presiden untuk mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan bendera, seperti di Stasiun Transit Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Para petugas keamanan stasiun dan beberapa pengunjung tampak mengambil sikap sempurna saat sang merah putih dikibarkan. Suasana pun tampak khidmat sesaat, meski setelahnya hilir mudik aktivitas di stasiun tetap berjalan normal.

Sikap berdiri sempurna petugas keamanan stasiun transit Tanah Abang saat detik-detik pengibaran bendera pusaka. (Gradi/era.id)

Bukan cuma di Stasiun Transit Tanah Abang, di Jalan Cempaka Putih Satlantas Jakarta Pusat bersama petugas Dishub juga melakukan pemberhentian total semua kendaraan dalam rangka memperingati detik-detik Proklamasi pengibaran bendera Merah Putih. 

Di wilayah monas Jakarta Pusat, para petugas kepolisian dan dishub pun melakukan sikap berdiri sempurna untuk menghormati pengibaran bendera pusaka. 

Caption

Arus lalu lintas pun sempat dihentikan sementara, tepat pukul 10.17 WIB, sekitar tiga menit. Meski begitu pengendara tidak diminta untuk turun dari kendaraannya dan tetap menghormati detik-detik pengibaran bendera merah putih dari kendaraan masing-masing.

Meski begitu, di sejumlah lokasi ada juga masyarakat yang cuek atas imbauan Presiden untuk mengambil sikap sempurna pada pukul 10.17 WIB. Seperti di Jalan Pembangunan, Tangerang, warga tampak acuh dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Aktivitas warga di Tangerang saat detik-detik pengibaran merah putih. (Iqbal/era.id)

Rekomendasi