Ini Alasan Mengapa Kata "Ambulance" di Mobil Ambulans Ditulis Terbalik

| 18 Aug 2020 11:25
Ini Alasan Mengapa Kata
Ilustrasi ambulans. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Jika melihat mobil ambulans, serasa ada yang janggal ya. Seperti, kenapa kata "ambulance" ditulis terbalik menjadi "ecnalubma"? Memangnya tidak bisa ditulis normal saja?

Setelah diusut, memang banyak orang yang menduga penulisan secara terbalik ini adalah kekeliruan semata. Namun, ternyata tidak demikian. Ada alasan luhur di balik itu.

Alasan di balik penulisan "ambulance" menjadi "ecnalubma" dimaksudkan agar pengendara di depannya, melihat tulisan pada kaca spion kendaraan mereka tidak terbalik.

Ini untuk meminimalisir jika ada orang yang tidak mengenali mobil ambulans dan paham jika sudah membaca tulisan tersebut. Seperti diketahui, sifat bayangan kaca spion seperti cermin datar pada umumnya adalah maya dan terbalik (kiri menjadi kanan dan kanan menjadi kiri).

Ilustrasi ambulans. (Foto: Antara)

Jika sudah begitu, sebagai pengemudi, kita diharapkan menepi dan memberi jalan bagi mobil ambulans. Lalu kenapa ada mobil ambulans yang menuliskan tulisan "ambulance" terbalik di belakang mobilnya?

Kalau soal itu, alasannya belum diketahui. Sekadar diketahui, bisa saja pemilik mobil ambulans tidak memahami kenapa tulisan "ambulance" di depan mobil ditulis terbalik. 

Tags : yang unik
Rekomendasi