Manuver Mumtaz Rais ke PAN Reformasi untuk Luluhkan Amien Rais

Tim Editor

Amien Rais (Dok. Youtube Amien Rais Official)

ERA.id - Ketua DPP Partai Amanat Nasional Mumtaz Rais tak sepaham dengan mantan Ketua MPR RI yang juga ayah kandungnya, Amien Rais yang hendak mendirikan partai politik baru. Mumtaz bahkan dengan keras menyebut parpol baru dengan sebutan PAN 'Halusinasi'.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai sikap Mumtaz ini memiliki tujuan baik, yaitu ingin meluluhkan hati sang ayah agar tak membuat partai baru.

"Tujuan Mumtaz baik, yang disampaikan Mumtaz itu kan untuk mencairkan atau untuk meredakan ketegangan. Kemungkinan Amien akan luluh," ujar Hendri saat dihubungi, Selasa (1/9/2020).

Selain itu, kata Hendri, omongan 'pedas' Mumtaz itu tak bermaksud melawan ayahnya. Tapi karena Mumtaz tahu ada pihak-pihak lain yang memanfaatkan kerenggangan hubungan Amien Rais dengan PAN dengan memberi ide untuk mendirikan partai baru.

Dia meyakini, Mumtaz paham ayahnya tak pernah bermaksud untuk mendirikan partai baru yang rencananya bernama PAN Reformasi.

"Dan dia kan mungkin tahu siapa yang bernafsu membuat partai politik baru, dan mugkin bukan bapaknya yang bernafsu itu," kata Hendri.

Hendri menilai sebaiknya Amien Rais islah saja dengan PAN dan menikmati buah demokrasi dari partai yang didirikannya itu. Sebagai tokoh politik senior, Amien dinilai sukses mendirikan partai yang berdemokrasi

Sebabnya, meskipun Amien yang mendirikan PAN, tapi kursi kepemimpinan partai tak pernah dipegangnya terlalu lama. Hal ini berbeda sekali dengan sejumlah tokoh politik yang mendadak mendirikan partai politik, misalnya seperti Prabowo Subianto yang masih menjabat sebagai Ketua Umum Gerindra, atau Susilo Bambang Yudhoyono yang memberikan tahta kepemimpinan Partai Demokrat kepada anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono.

"Nah buah demokrasinya PAN ini ya begini ini. Tapi apa pun buah dari demokrasi PAN, Amien Rais adalah Amien Rais, tokoh PAN. Jadi nggak lucu juga, bukan nggak lucu sih, itu hak Amien Rais bikin parpol. Tapi maksudnya Mumtaz menurut saya baik," kata Hendri.

Sebelumnya, Mumtaz menyatakan siap berenang dari Pantai Kapuk, Jakarta ke Labuan Bajo, NTT jika partai politik bentukan ayahnya, Amien Rais terbentuk. Dia sendiri menyebut parpol baru itu dengan nama PAN Halusinasi.

Anak kandung Amien Rais ini tak yakin partai baru ayahnya bakal terbentuk. Dia justru memprediksi partai baru itu bakal layu sebelum berkembang.

Mumtaz juga berani bertaruh partai baru Amin Rais tidak akan kembanjiran anggota, apalagi jika berharap bisa mengambil anggota dari PAN.

"PAN Reformasi ini alih-alih akan terbentuk dan dideklarasikan, malah yang ada nyungsep sebelum tumbuh. Lihatlah, tidak ada satupun Anggota Dewan kita dan Kepala Daerah kita yang mengarah kesana," kata Mumtaz melalui keterangan tertulisnya, Selasa (1/9/2020).

Tag: amien rais PAN Reformasi mumtaz rais

Bagikan: