Adly Fairuz Bukan Cucu Ma'ruf Amin Tapi Cuma Sekampung, Faktanya

Tim Editor

Ma'ruf Amin berbincang soal ekonomi arus baru dengan Aldy Fairuz. (Wardhany/era.id)

ERA.id - Pemeran sinetron 'Cinta Fitri' yang juga calon Wakil Bupati Karawang Adly Fairuz rupanya bukan cucu Wakil Presiden Ma'ruf Amin seperti yang selama ini disangka banyak orang. Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, Adly memang memiliki hubungan keluarga dengan Ma'ruf Amin. Namun bukan cucu kandung atau cucu langsung dari Ma'ruf Amin.

"Kalau dikatakan cucu itu tidak pas. Ya (Adly) masih ada hubungan famili, tapi tidak ada hubungan cucu," ungkap Masduki kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Terkait klaim dari Adly yang menyatakan diri sebagai cucu Ma'ruf Amin, Masduki mengaku pernah menawarkan agar mantan Rais Aam PBNU itu mengklarifikasi klaim sepihak tersebut. Tapi Ma'ruf enggan melakukannya. Justru Ma'ruf memaklumi adanya klaim seperti itu, apalagi Adly diketahui maju sebagai calon Wakil Bupati Karawang di Pilkada 2020. Bahkan, meskipun nama Ma'ruf dicatut-catut, namun sang wapres tak merasa dirugikan.

"Dia (Ma'ruf Amin) bilang 'sudahlah biar saja, nggak perlu (klarifikasi)', Abah bilang gitu. Wapres tidak mau membantah terhadap isu/klaim yang sedang marak di sana karena Pilkada. Walaupun itu tidak ada hubungan langsung, Wapres tidak mau membantah secara langsung," ujar Masduki.

Lalu bagaimana Adly dan Ma'ruf Amin bisa disebut keluarga? Menurut Masduki, setelah dikonfirmasi dengan pihak keluarga Ma'ruf mengenai klaim tersebut, diketahui Adly dan Ma'ruf Amin hanya berasal dari kampung yang sama.

"Setelah saya telepon ke pihak keluarga, jadi itu Adly sama Abah sama-sama sekampung dari Kresek," kata Masduki.

Meski demikian, keluarga Ma'ruf pun enggan memperpanjang urusan dengan membuat klarifikasi. Pihak keluarga maupun Ma'ruf Amin justru mendoakan agar Adly sukses di Pilkada Karawang pada Desember mendatang.

"Jadi ya Pak Wapres merasa tidak perlu mengklarifikasi. Terkait pencalonannya (Adly) di Pilkada (Karawang), ya semoga semuanya lancar," katanya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan memberikan rekomendasi terhadap Adly Fairuz yang akan maju sebagai calon wakil bupati Karawang bersama dengan Yessy Karya Lianti. Adly disebut-sebut merupakan cucu dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat itu mengatakan alasan pemberian rekomendasi terhadap Adly yang merupakan pesinetron tersebut bukan karena dia memiliki hubungan darah dengan Ma'ruf Amin. Partainya, sambung Hasto, melihat Adly sebagai soso muda dan mau berkomitmen mengikuti proses pencalonan partai.

Selain itu, nama Adly Fairuz juga sudah dikenal oleh masyarakat apalagi dia pernah bermain di sinetron Cinta Fitri yang juga digemari oleh Presiden B.J Habibie semasa hidupnya.

"Ini buat kami merupakan rekam jejak yang baik dan kemudian ketika kami tanya bersama dengan calonnya, yakni Dokter Yessy. Sebagai seorang dokter, dokter itu kan juga dilatih untuk memahami nilai-nilai kemanusiaan. Suatu kerja mulia untuk mengobati orang yang sakit," kata Hasto, Jumat (28/8/2020).

Lebih lanjut, Hasto juga menyebut pasangan Yessy-Adly yang akan maju di Pilbup Karawang ini juga pasangan yang klop dan siap dididik di sekolah partai.

Klaim bahwa Adly adalah cucu Ma'ruf Amin pertama kali terungkap saat masa kampanye Pilpres 2019 lalu. Saat itu Adly bersilaturahmi ke kediaman Ma'ruf Amin di kawasa Menteng, Jakarta.

"Jadi sebenernya abah Ma'ruf Amin ini kakek Adly masih, Adly masih cucu alhamdulillah," ujar Adly. 

Tag: ketua mui maruf amin maruf amin

Bagikan: