Beredar Lambang NU Protestan: Ada Salib di Tengahnya, Ini Faktanya

Tim Editor

Beredar lambang NU Protestan pakai salib. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Sebuah akun Facebook Tanue Brewok mengunggah gambar berupa lambang Nahdlatul Ulama (NU) dengan tanda salib yang dilingkari dengan tali simpul. Kemudian gambar NU Salib itu diberi keterangan, "NU Protestan Rahmatan Lil Alamin."

Akun Tanue Brewok juga menambahkan narasi sebagai berikut:

Alhamulillah saya masih di NU garis lurus dng ulama2 yang bukan penjilat… Maklum, ini NU rezim now…!!!

Namun, benarkan lambang salib di lambang NU tersebut?

Berdasarkan hasil penelitian, dilansir dari turnbackhoax.id, lambang NU dengan tanda salib yang dilingkari tali simpul adalah hasil suntingan/editan. Artinya informasi tersebut bernilai hoaks atau berita bohong.

Untuk diketahui, lambang asli NU terdiri dari peta Indonesia di dalam bola dunia dikelilingi tali yang mengikat, untaian tali berjumlah 99, lima bintang di atas bumi (yang tengah berukuran paling besar) dan empat bintang di bawah bumi.

Terdapat tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab melintang di tengah bumi dan di bawah bumi ada tulisan NU dalam huruf latin. Adapun makna lambang NU ialah sebagai berikut:

Peta Indonesia di dalam bola dunia melambangkan sejarah NU yang didirikan di Indonesia. Tali bersimpul yang melingkari bola dunia melambangkan persatuan yang kokoh, kuat dan ikatan di bawahnya melambangkan hubungan manusia dengan Allah SWT, sedangkan untaian tali berjumlah 99 yang melambangkan Asmaul Husna.

Kesembilan bintang yang melingkari bola dunia menunjukkan bintang yang paling besar melambangkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan empat bintang di atas garis khatulistiwa melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib. 

Sedangkan untuk 4 Bintang di bawah garis khatulistiwa melambangkan 4 madzhab yang dianut oleh Nahdlatul Ulama, yaitu Imam Hanafi, Iman Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Hambali. Sedangkan total keseluruhan bintangnya adalah 9 (Sembilan) yang melambangkan Wali Songo.

Tulisan arab yang membentang dari kanan ke kiri menunjukkan nama organisasi yang berarti kebangkitan para ulama. Tulisan huruf dhodh pada kalimat Nahdlatul Ulama yang lengkungnya membentang memanjang bergaris horisontal tepat ditengah melintasi bola dunia, melambangkan cita-cita NU kedepan bahwa NU di Indonesia akan menjadi pusat peradaban Islam dunia.

Warna tulisan NU berwarna putih sebagai perlambang kesucian. Sedangkan Warna dasar hijau pada lambang NU mempunyai arti filosofis kesuburan sebagai bentuk gerakan pengabdian NU kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembangunan ekonomi, dan peningkatan kualitas pendidikan.

Dengan demikian, klaim lambang NU Protestan termasuk dalam konten yang dimanipulasi, karena gambar tersebut telah melalui proses penyuntingan.

Tag: nahdlatul ulama berita hoaks hoaks cek fakta

Bagikan: