PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Pancasila, Faktanya

Tim Editor

Berita hoaks PDIP buka opsi bubarkan MUI. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Meli Berlian mengunggah status berupa tangkapan layar pemberitaan. Yang membuat heboh artikel tersebut berjudul "PDIP Buka Opsi Bubarkan MUI Demi Utuhnya Pancasila" beserta tagar #BubarkanPDIP.

Namun, setelah ditelusuri informasi tersebut ternyata hoaks. Melansir dari laman turnbackhoax.id, gambar dalam postingan itu diketahui sudah melalui tahap penyuntingan (editing).

Artikel aslinya berjudul "Junimart Buka Opsi Bubarkan IPDN, Demi Kemanusiaan" yang tayang di situs berita gonews.co pada 03 September 2020. 

Dalam artikel asli dibahas mengenai usulan Jumimart Girsang, legislator partai PDI Perjuangan, untuk membubarkan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) karena persoalan makanan yang tidak layak di sekolah kedinasan tersebut.

"Dari segi kemanusiaan, saya sudah bilang dari kemarin, bubarkan saja IPDN! Makannya itu lebih sejahtera yang di Lapas. Saya sudah ke IPDN Jakarta," kata Jumimart dalam rapat Komisi II DPR RI Bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung DPR RI, Rabu (02/9).

Dilansir dari dpr.go.id, pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI yang digelar tanggal 02 September 2020, pembahasan berfokus pada arah kebijakan rencana program anggaran tahun 2021 Kemendagri. 

Tidak ada pembahasan mengenai pembubaran MUI pada agenda rapat maupun pada artikel asli. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.

Tag: pdip berita hoaks cek fakta

Bagikan: