DPR Jamin Pam Swakarsa Tak Akan Sewenang-Wenang

Seragam satpam yang baru (Dok. Twitter)

ERA.id - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai bergantinya warna seragam satuan pengamanan (satpam) menjadi cokelat seperti seragam polisi, tidak akan menimbulkan penyalahgunaan kekuasaan. Seperti dikethui, satpam masuk dalam salah satu Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) seperti yang tercantum dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020.

Sahroni mengatakan, Pam Swakarasa ini merupakan program Kepolisian, sehingga sudah pasti yang terlibat di dalamnya dan akan diawasi langsung oleh Polri.

"Jadi tidak akan tumpang tindih dan tidak akan sewenang-wenang, jadi tetap diawasi dan masyarakat juga mengawasi dengan seksama. Tidak akan mungkin melakukan dengan sewenang-wenang," ujar Sahroni kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Politikus NasDem ini juga meyakini Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Idham Azis akan bertanggung jawab dan melakukan pengawasan ketat, sehingga penyalahgunaan kekuasaan dari para satpam yang seragamnya berganti warna tesebut.

"Sangat yakin, yang mengawasi adalah orang yang ahli dibidangnya. Pak Idham Aziz memang tahu persis bagaimana mengawasi para Pam Swakarsa yang dimaksud," kata Sahroni.

Lebih lanjut, Komisi III mengaku mendukung program Pam Swakarsa yang digagas oleh Polri. Alasannya, kata Sahroni, karena kerja Polri memang memerlukan bantuan dari kelompok masyarakat.

Dia juga berharap, dengan adanya Pam Swakarasa ini dapat membantu pemerintah dalam kampanye protokol kesehatan.

"Sangat perlu Pam Swakarsa, karena juga membantu dalam hal ini polri untuk pengamanan lebih intensif dalam masa PSBB di DKI. Ini rangkaian untuk semua aktivitas agar menjaga tidak lebih banyak lagi yang terkena COVID-19. Saya sebagai Wakil Ketua Komisi III mendukung apa yang dilakukan dan diprogramkan oleh Kapolri," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menginstrusikan pergantian warga seragam satuan pengamanan (satpam) yang semula berwarna putih untuk dinas pagi hari dan biru tua untuk dinas malam hari, maka nantinya diubah dengan warna cokelat.

Pemilihan warna cokelat untuk seragam satpam dimaksudkan agar terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam. 

 

Tag: Pam Swakarsa

Bagikan :