Wartawan Senior dan Sejarawan Betawi Alwi Shahab Meninggal Dunia

Alwi Shahab (Dok. Pribadi)

ERA.id - Sejarawan Alwi Shahab meninggal dunia sekitar pukul 03.00 WIB, Kamis (17/9/2020). Wartawan senior itu meninggal pada usia 84 tahun. 

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya pria yang akrab disapa Abah Alwi ini.

"Innaillahi wa innailahi rajiun. Telah berpulang salah satu wartawan senior Republika Alwi Shahab yang memiliki dedikasi tinggi, berkepribadian baik, dan loyalitas kepada pekerjaan yang luar biasa," kata Erick Thohir dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Erick menyampaikan meninggalnya Abah Alwi merupakan kehilangan besar bagi dunia jurnalistik yang kehilangan salah satu wartawan terbaiknya.

Erick berdoa semoga Abah Alwi husnul khatimah, diampuni dosa-dosanya, dimaafkan kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dimudahkan jalannya menuju surga.

"Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Abah Alwi dan keluarga besar. Selamat jalan Abah," ucap Erick.

Dikutip dari berbagai sumber, pria asli Betawi ini mengawali karier sebagai wartawan di Kantor Berita Antara sejak Agustus 1963. Ia menulis beberapa laporan mulai dari isu perkotaan, kepolisian, parlemen, sampai bidang ekonomi. Ia juga pernah meliput di Istana Kepresidenan.

Alwi juga pernah berangkat ke perbatasan Malaysia-Thailand untuk meliput operasi penumpasan gerakan Komunis oleh tentara Malaysia.

Selepas dari Antara, ia bergabung dengan Republika. Selain bergelut sebagai wartawan, Alwi juga banyak menulis cerita menarik semasa penjajahan Belanda hingga Kemerdekaan.

Tag: meninggal dunia

Bagikan :