Wajib Punya, 5 Tanaman di Dunia yang Dianggap Suci dan Sakral

Tim Editor

Tanaman (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

ERA.id - Tanaman memang banyak dijadikan sebagai penghias rumah. Namun, tahukah kamu jika ada beberapa tanaman dianggap suci dan sakral dalam beberapa tradisi agama. Tanaman tersebut memiliki beragam manfaat, seperti kandungan gizi, khasiat obat-obatan, dan terkadang bertindak sebagai perantara dengan dunia roh.

Dari bunga teratai, hingga basil. Apa saja yang diwakili dan alasan dibalik kesuciannya. untuk siapa, dan mengapa. Dilansir dari BBC pada Kamis (17/9/2020), berikut 5 tanaman yang dianggap suci dan sakral menurut hasil eksplorasi musisi Jahnavi Harrison.

1. Bunga Teratai

Pink Water Lily Flower on WaterBunga teratai (Foto: Pexels/Diego Madrigal)

Jahnavi Harrison menjelaskan bagaimana teratai adalah tanaman yang punya makna dan narasi dalam konteks spiritual di negara timur. Bagi umat Hindu, bunga teratai indah dan menawan melambangkan kehidupan, kesuburan, dan kemurnian, seperti halnya umat Buddha. Bunga teratai berdiri jauh di atas lumpur tempat ia tumbuh. Meski akarnya ada di lumpur, bunganya berada di atas air, bersih dan putih.

Teratai diyakini muncul dari pusar Dewa Wisnu, dengan Brahma duduk di tengah bunga. Beberapa percaya tangan dan kaki Tuhan seperti teratai dan matanya berbentuk seperti kelopak bunga teratai, pandangan dan sentuhannya dikatakan selembut kuncup teratai. Agama Hindu juga mengajarkan bahwa dalam diri setiap orang terdapat roh bunga teratai. 

2. Mistletoe

Biasanya mistletoe diasosiasikan dengan keajaiban Natal. Tetapi simbolismenya sudah ada sejak zaman Druid Celtic kuno. Mereka percaya bahwa mistletoe mewakili esensi dewa matahari Taranis dan setiap pohon dengan mistletoe yang tumbuh di antara cabang-cabangnya diyakini sakral.

Titik balik matahari musim dingin adalah waktu ketika Kepala Suku Druid memotong mistletoe suci dari pohon ek dengan sabit emas. Tanaman dan buahnya tersebut kemudian digunakan untuk ritual atau pengobatan. Itu diyakini memiliki khasiat ajaib, penangkal berbagai racun, memastikan kesuburan pada manusia dan hewan, serta melindungi dari sihir. Namun faktanya, tanaman mistletoe ternyata beracun.

3. Basil Suci 

green leafed plant near windowBasil suci (Foto: Unsplash/Lesly Juarez)

Dalam agama Hindu, Dewi Vrinda dikatakan melayani Dewa Krishna dan pemuja dengan bertindak sebagai penjaga tanah suci Vindravan, sebuah kota ziarah dan pemujaan. Meskipun dia seorang dewi dengan bentuk manusia, teks kuno mengatakan Krishna sendiri memberkatinya untuk mengambil bentuk tanaman basil suci di alam duniawi dan dia akan tumbuh secara otomatis di mana saja. 

Tanaman basil suci dialam duniawi dan tumbuh subur secara otomatis di mana saja. Jutaan umat Hindu dari berbagai denominasi di seluruh dunia, menyembah tanaman tulsi sebagai praktik sehari-hari, di kuil dan di rumah mereka.

4. Peyote

Peyote adalah kaktus kecil yang tumbuh secara alami di gurun di Texas barat daya dan Meksiko dan digunakan oleh penduduk asli untuk tujuan spiritual selama ribuan tahun. Orang Indian Huichol di Meksiko dan suku asli di Amerika Utara percaya peyote adalah tanaman suci yang membantu mereka berkomunikasi dengan Tuhan. Digunakan dalam upacara doa, Peyote bisa memicu halusinasi yang dianggap penglihatan dari realitas dunia roh.

Bukan hanya penduduk asli yang memuji kekuatan spiritual peyote, para seniman, musisi, dan penulis kerap memanfaatkannya, karena sifat psikedelik yang dimiliki tanaman tersebut.

5. Pohon Yew

Free stock photo of treePohon yew (Foto: Pexels/Tommy Jepsen)

Pohon yew telah lama dikaitkan dengan reinkarnasi dan kehidupan abadi. Ini karena cabangnya yang terkulai bisa berakar di tanah dan membentuk batang baru. Pohon yew juga menumbuhkan batang baru dari dalam kulit pohon tua yang berlubang. Tidaklah mengherankan pohon Yew melambangkan kebangkitan.

Pohon Yew adalah pohon simbolis dalam iman Kristen. Ada kebiasaan menempatkan tunas yew di dalam peti mati. Selain itu, banyak gereja yang memiliki pohon yew tumbuh di sebelahnya. Pohon Yew dianggap sakral oleh Druid di masa pra-Kristen, pohon yew kuno ini sebenarnya ditanam di situs penyembahan pagan, kemudian diadopsi oleh gereja. 

Tag: viral Tanaman Hias

Bagikan :