Intip Karikatur Buatan PKI dari Koleksi Koran Fadli Zon

| 01 Oct 2020 20:00
Intip Karikatur Buatan PKI dari Koleksi Koran Fadli Zon
Fadli Zon (Dok. Youtube Helmy Yahya Bicara)

ERA.id - Dewan Pembina Gerindra, Fadli Zon Fadli menunjukkan koran yang diterbitkan Partai Komunis Indonesia (PKI), Harian Rakjat pada pada 2 Oktober 1965. Layaknya koran, terdapat sejumlah ilustrasi sikap politik PKI yang dituangkan dalam bentuk kartun.

"Kalau kita lihat kartun-kartun disini, bahkan disini ada jenderal yang sedang ditonjok oleh gerakan 30 September, di belakangnya di sini seolah-olah ada Amerika," kata Fadli dalam tayangan Youtube Fadli Zon Official, Kamis (1/10/2020).

Menurutnya, dari koran tersebut terlihat bagaimana PKI mendukung pembunuhan para jenderal. Ia menegaskan ingin meluruskan sejarah soal peristiwa ini.

"Jangan sampai sejarah dibelokkan dan ada upaya-upaya untuk menghapus jejak sejarah," kata Fadli.

(Dok. Instagram fadli zon)

Ia menyebutkan PKI memang telah berkali-kali melakukan pemberontakan. Keputusan TAP MPRS nomor 25 Tahun 1966 dan UU nomor 27 Tahun 1999 yang melarang PKI pun dianggap sudah tepat. 

"Keputusan kita (Indonesia) sudah tepat yang melarang PKI," kata Fadli.

(Dok. Instagram fadli zon)

Sebelumnya, Fadli menunjukkans bukti PKI menjadi dalang pemberontakan Gerakan 30 September. Diantaranya koran Harian Rakjat yang berisikan sikap PKI terhadap pembunuhan para jenderal.

Rekomendasi